LEUWILIANG TODAY – Dalam rangka menyambut HUT PPK BLUD ke-5 RSUD Leuwiliang, bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor, menggelar bakti sosial donor darah yang yang berlangsung di ruang akreditasi RSUD Leuwiliang pada Kamis, (23/1/2020).

Menurut Direktur Utama RSUD Leuwiliang, drg. Hesti Iswandari, kebutuhan darah donasi ini sangat tinggi bahkan salah satu kegiatan yang merupakan sumbangsih khususnya bagi RSUD Leuwiliang juga masyarakat sekitar yang ikut menyumbangkan darahnya untuk kepentingan sosial ataupun juga kebutuhan darah bagi UTD PMI Kabupaten Bogor.

“Saya berharap dengan adanya donor darah dapat meningkatkan kesadaran akan sesama kebutuhan darah bagi yang membutuhkan. Mudah-mudahan kedepannya kita bisa selalu melakukan donor darah untuk kemanusiaan, di RSUD Leuwiliang ini setiap tiga bulan sekali melaksanakan donor darah yang bekerja sama dengan UTD PMI Kabupaten Bogor,” kata Hesti.

Ia berharap, bukan karyawan saja yang mendonasikan darahnya, namun dari masyarakat yang ingin berpartisipasi agar ketersediaan darah bisa lebih banyak lagi.

“Karena kita tahu banyak sekali orang-orang diluar sana yang membutuhkannya, karena setetes darah yang kita sumbangkan dapat menyelamatkan ribuan orang. Saya berharap kedepannya pendonor yang ada di RSUD Leuwiliang bisa bertambah lebih banyak, dan darah yang didonorkan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan, dan merupakan amal ibadah bagi pendonor,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Donor Darah, dr. Rosmalina Agustina, MARS menjelaskan, ada sebanyak 102 orang yang mendaftar mengikuti donor darah dan yang lolos screening hanya 56 orang terdiri dari seluruh pejabat struktural, karyawan RSUD Leuwiliang dan masyarakat.

“Donor darah kali ini hanya terkumpul 56 katong darah yang disumbangkan pada donor darah. Semoga darah yang terkumpul dapat segera disalurkan kepada saudara kita yang membutuhkan trasfusi darah,” tutur Rosmalina.

Wakil Direktur RSUD Leuwiliang, drg. Achmad Zaenuddin menambahkan, adapun rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan perayaan HUT PPK BLUD ke-5 RSUD Leuwiliang pertama, diawali dengan kegiatan baksos di area bencana Sukajaya.

“Kemudian donor darah pada hari ini, dan berikutnya mengadakan seminar untuk umum dan juga seminar untuk kalangan medis. Kemudian untuk puncak acara pada tanggal 30 Januari 2020 akan mengadakan baksos ke Kecamatan Sukajaya, dimana akan mengadakan pengobatan dan mengadakan penyuluhan yang berkaitan dengan masalah kesehatan,” tuturnya. (Adit)