Home Bogor Raya Kotamadya Sekda Panggil Calo IPAL BTM

Sekda Panggil Calo IPAL BTM

0
366

BTM-(4)BOGOR TODAY – Masalah kerusakan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) sampah yang menumpuk milik Bo­gor Trade Mal (BTM) ternyata belum sepenuhnya tuntas.

Sekda Kota Bogor, Ade Syarip Hi­dayat, mengatakan, pihaknya akan me­manggil Kepala Badan Pengelolaan Ling­kungan Hidup (BPLH), Lilis Sukartini, untuk menanyakan tindaklanjut keru­sakan IPAL BTM. “Besok (hari ini, red), saya akan panggil Bu Lilis untuk konfir­masi terkait IPAL dan sampah yang me­numpuk itu,” ujarnya.

Selain itu Ade Syarif juga ingin men­getahui langkah apa saja yang sudah dilakukan dan bagaimana pengawasan BPLH selama ini. “Saya ingin tahu sudah sejauh mana langkah-langkah yang su­dah dilakukan,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Komisi C DPRD Kota Bogor, Yus Ruswandi juga akan memang­gil pihak BPLH untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang sudah dilaku­kan. “Jadi, kita akan panggil pihak BPLH untuk tahu sudah sampai mana penga­wasan BLH untuk IPAL dan sampah yang menjadi sumber masalah di BTM itu,” ungkapnya.

Soal kabar bahwa ada keterlibatan oknum BPLH yang main mata dengan pihak BTM, Kepala BPLH, Lilis Sukartini, membantah. Menurutnya, pihaknya su­dah melakukan pengawasan dan pem­binaan sesuai Peraturan Menteri Ling­kungan Hidup No 5 Tahun 2012 tentang kewajiban pengusaha uji lab limbah cair per bulan, yang dilaporkan dan monitor­ing dokumen UKL / UPL 6 ke BPLH. “Nah kalo Peraturan Menteri itu tidak seusai dengan tinjauan hasil di lapangan maka akan diberikan surat teguran sampai 3 kali,” ungkapnya.

Lilis juga menambahkan hal ini ber­tujuan agar para pengusaha berupaya mengelola dampaknya dibawah ambang batas sesuai peraturan. “Kalau hal ini ti­dak dilakukan maka izin lingkungannya tidak akan kami keluarkan,” bebernya.

Terpisah, Manager Marketing dan Komunikasi Mal BTM, Sharon Vebrilla, membantah. Ia menganggap persoalan ini sudah selesai.

Sharon mengatakan, pihaknya su­dah memperbaiki saluran Instalasi Pen­gelolaan Air Limbah (IPAL). “kalau soal kerusakan dan perbaikan sudah selesai,” begitu, kilahnya.

Disinggung soal bau busuk yang ma­sih tercium disekitar mal BTM, Sharon mengatakan, sudah selesai semuanya mas dan tidak ada bau yang tercium lagi. “Sudah engga ada bau kok mas, dan kan juga lagi progres pengerjaan juga,” kata dia.

(Guntur Eko Wicaksono)