Protein adalah salah satu gizi yang diperlukan oleh tubuh. Dan, sudah bukan rahasia lagi daging adalah sumber makanan dengan protein yang tinggi.
Kini, ahli gizi dan kesehatan telah menemukan sumber protein yang dapat diperleh dari bahan makanan non-daging.

Biasanya, penganut gaya hidup vegan berisiko besar mengalami kekurangan protein. Dengan bahan makanan non-daging berprotein tinggi, para veganisme atau mereka yang menghindari konsumsi daging tak perlu lagi mengkhawatirkan asupan protein hariannya.

Selain membantu pertumbuhan, protein membuat kita merasa kenyang lebih lama yang sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Protein juga membantu perbaikan jaringan dan pembentukan massa otot.

Berikut bahan makanan selain daging dengan kandungan protein berkualitas baik.

1. Kacang dan lentil

Kacang dan lentil adalah salah satu makanan nabati yang sangat sehat dan harus dimakan secara teratur. Lentil adalah tumbuhan berbentuk semak dari familia legume. Lentil ada tiga jenis, yaitu lentil kuning, hijau, dan merah. Rasanya yang lembut dan gurih membuat lentil kuning biasa digunakan dalam berbagai masakan seperti sup kental, campuran pada doner kebab, perkedel dan nasi. Biasanya kacang ini dijual dalam keadaan kering. Sebelum dimasak direndam dulu dalam air dingin.

Setelah direbus dan empuk, tekstur dan rasanya gurih lembut mirip biji kacang hijau kupas. Setiap setengah cangkir kacang dan lentil mengandung sekitar delapan gram protein. Makanan ini juga mengandung serat, zat besi yang menghasilkan energi dan folat yang menyehatkan jantung.

2. Produk susu

Produk susu seperti keju, yogurt, dan susu semuanya adalah sumber protein yang sehat. Untuk memenuhi asupan protein harian, kita bisa mendapatkannya dengan minum segelas susu setiap hari, atau secangkir yogurt alami buatan sendiri.

Selain itu, kita bisa mendapatkan protein dari smoothie buah yang dicampur dengan yogurt dan susu. Untuk menu sarapan sehat, kita bisa menambahkannya dengan beberapa biji labu, madu, dan kulit lemon.

3. Ikan

Ikan adalah makanan yang baik untuk diet keto dan merupakan sumber protein yang kerap diabaikan. Ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung karena kaya akan asam lemak omega-3.

Kita bisa mengolah ikan sebagai tambahan untuk sandwich dan salad demi meningkatkan kandungan protein dalam makanan.

4. Kedelai

Kedelai adalah salah satu sumber protein vegetarian terbaik. Bahan makanan ini bisa diolah menjadi berbagai menu. Kita bisa mengolahnya menjadi hidangan berbasis kari atau bahkan menambahkannya ke salad.

5. Selai kacang dan biji-bijian

Kacang-kacangan, selai kacang dan biji-bijian adalah sumber protein non hewani yang bisa kita tambahkan dalam menu diet kita. Makanan ini sangat membantu dalam menurunkan berat badan karena merupakan sumber protein sekaligus kaya akan serat dan lemak sehat.

Kita bisa mengolah selai kacang yang terbuat dari kacang mentega atau almond sebagai topping untuk menu sarapan. Kita juga bisa mengonsumsi segenggam kacang dan biji-bijian sebagai camilan sehat yang sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

6. Telur

Telur adalah bahan terbaik untuk menurunkan berat badan. Satu butir telur mengandung enam gram protein. Protein dalam telur memang terdapat di bagian putihnya. Namun, kita juga harus mengonsumsi bagian kuning terlus untuk mendapatkan manfaat maksimal.
Kita bisa mengonsumsi telur saat sarapan dengan menambahkannya ke salad atau diolah menjadi menu yang lezat.

Jadi, bagi mereka yang menghindari konsumsi daging, kini tak perlu khawatir lagi tentang asupan protein harian. Kita bisa mendapatkannya dari enam bahan makanan tersebut yang juga sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan. (net)

loading...