Untitled-8BOGOR TODAY – Wakil Walikota Bo­gor, Usmar Hariman meresmikan sen­tra makanan jajanan sehat Gang Selot binaan Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi UKM. Peresmian berlang­sung di kantin yang berlokasi di samp­ing gedung SMA Negeri 1 Bogor, Rabu (27/1/2016).

Menurut Usmar, Pemerintah Kota Bogor dibantu Kementerian Kesehatan membangun titik dua sentra kuliner. “Titik pertama Gang Selot yang saat ini akan diresmikan, dan satu titik lagi di Binamarga yang pembangunannya sekarang dalam tahap finishing,” ujar Usmar.

Pembangunan dua sentra kuliner ini sesuai dengan misi Kota Bogor 5 tahun kedepan, bahwa orientasi Kota Bogor adalah kota jasa yang nyaman, beriman dan transparan. “Kedepan Pemerintah Kota Bogor akan memban­gun beberapa sentra kuliner yang sehat seperti di Gang Selot ini,” sambung Us­mar.

Kasubdit Higienis Sanitasi Pangan Kementerian Kesehatan Iip Saeful men­gapresiasi Pemerintah Kota Bogor yang telah membangun sentra makanan jajanan sehat dan sekaligus mengung­kapkan rasa bangganya karena di Jawa Barat baru Kota Bogor yang melak­sanakan sentra makanan jajanan sehat. “Ini yang pertama kali di Jawa Barat dan menjadi model yang terbaik,” kata Iip. Tidak hanya modelnya, Iip pun memuji pelatihan yang diberikan kepada penja­mah sehingga layak mendapat sertifikat laik dan sehat sebagai penjamah.

Tetapi Iip mengingatkan walaupun penjamah sudah mendapat pelatihan dan sudah mengantongi sertifikat laik sehat, perlu kiranya diperiksa setiap ta­hun minimal dua kali. Diharapkan den­gan melakukan hal ini dapat menekan angka kejadian disentri atau kejadian lainnya yang tidak diharapkan. “Kede­pan kami berharap sentra makanan ja­janan sehat tidak hanya di dua tempat, karena Bogor merupakan daerah pari­wisata yang banyak dikunjungi,” harap Iip.

Pembentukan sentra makanan ja­janan sehat Gang Selot melalui proses yang panjang, mulai dari pelatihan pedagang tentang higiene dan sanitasi makanan hingga pemeriksaan laborato­rium makanan yang disajikan. Tempat ini juga dilengkapi tempat cuci dengan air yang mengalir, IPAL, tempat sam­pah dan tempat cuci tangan pengun­jung.

(Yuska Apitya/*)

loading...