BOGOR TODAY – Sesuai dengan intruksi Wali Kota Bogor Bima Arya, Camat dan Lurah se-Kota Bogor terhitung Senin (06/11/2017) secara serentak membagikan E-KTP yang sudah di cetak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor untuk didistribusikan langsung ke rumah warga. Di Kecamatan Bogor Barat, pendistribusian E-KTP dimulai dari Kelurahan Balumbang Jaya dengan total 37 E- KTP yang ditargetkan rampung hari ini. “Tadi sudah kami distribusikan 10 E-KTP sisanya ada 27 E-KTP akan diselesaikan hari ini,” ujar Camat Bogor Barat Pupung W. Purnama.

Ia mengatakan, jumlah 37 E-KTP yang hari ini didistribusikan di Kelurahan Balumbang Jaya masih belum keseluruhan dari jumlah warga yang sudah melakukan perekaman. Pasalnya, sisa E-KTP lainnya masih dalam proses pencetakan di Disdukcapil. Sehingga, jika nanti kembali ada pengiriman E-KTP dari Disdukcapil ke Kecamatan Bogor Barat akan segera di distribusikan ke 16 kelurahan di Kecamatan Bogor Barat.

“Hari ini juga serentak di 16 Kelurahan dengan jumlah yang bervariasi di masing-masing kelurahannya, lurah turun langsung mendatangi rumah warga,” terangnya.

Pupung menerangkan, pendistribusian E-KTP langsung ke rumah warga ini direspon baik aparat kelurahan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, warga tidak perlu membuang waktu dan biaya untuk datang ke kelurahan, cukup menunggu diantar ke rumah secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

“Tadi saat datang ke rumah warga, warga sedikit terkejut tetapi direspon baik oleh warga karena E-KTP ini memang sangat dibutuhkan warga. Apalagi rata-rata mereka sudah melakukan perekaman sejak satu tahun lalu,” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Balumbang Jaya Agus Suwondo mengatakan, pihaknya sangat mendukung pendistribusian E-KTP langsung ke rumah warga. Sebab, sebagai pelayan masyarakat, Kelurahan harus memberikan pelayanan terbaik apapun jenis pelayanannya salah satunya E-KTP. “Nanti distribusi E-KTP ini akan dilanjutkan Kasi Pemerintahan dan Staf Kelurahan ke setiap rumah,” pungkasnya.

Proses distribusi E-KTP yang telah dicetak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor mulai didistribusikan ke warga, setelah Minggu (05/11/2017) kemarin secara simbolis Wali Kota Bogor Bima Arya membagikan 1.360 E-KTP kepada warga di Gor Indoor Pajajaran, jalan Pemuda, Kota Bogor.

Hari ini, Senin (06/11/2017) Camat Bogor Utara Atep Budiman didampingi Lurah Ciluar Usup Supriadi membagikan E-KTP langsung ke warga, tepatnya di Kampung Rambay, Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Pembagian E-KTP di wilayah Kecamatan Bogor Utara ini dimulai tepat pukul 09.00 WIB pagi dengan mendatangi langsung warga yang memang sudah cukup lama menunggu E-KTP.

Menurut Atep pembagian E-KTP ini merupakan arahan langsung Wali Kota Bogor Bima Arya untuk turun langsung ke warga yang memang sudah lama menanti dan membutuhkan E-KTP.

“Disamping itu dengan turun langsung dan bertemu dengan warga serta menghimbau kepada warga yang belum mengurus atau merekam E-KTP agar segera memprosesnya,” ujar Atep.

Atep menerangkan, warga yang akan mendapatkan E-KTP saat penyerahan diperiksa terlebih dahulu data yang ada di E-KTP, hal ini untuk memastikan ada tidaknya data yang salah. Jika ada kesalahan, staf di wilayah bisa langsung mencatat dan mengklarifikasinya ke Disdukcapil Kota Bogor.

Pembagian E-KTP di wilayah Kelurahan Ciluar meliputi 10 RW yang dipusatkan di RW 6,7 dan 8. Selain Camat dan Lurah proses pembagian E-KTP ini dibantu staf Kelurahan Ciluar. (Asep TB)