JAKARTA TODAY – Libur panjang tinggal menghitung hari. Bagi Anda yang bingung ingin pergi berlibur ke mana, Surabaya mungkin bisa menjadi pilihannya. Surabaya, Jawa Timur dapat dijadikan destinasi untuk liburan karena menawarkan sejumlah tempat wisata dan kuliner yang siap memanjakan pengunjung.

Dari mulai tempat wisata hingga kuliner, Surabaya mempunyai semuanya. Untuk tempat wisata, Surabaya mempunyai banyak tempat wisata dari yang bersejarah sampai yang modern dan instagramable. Untuk kuliner, Surabaya siap menawarkan berbagai makanan dari yang berat hingga ringan atau jajanan.

Jika Anda ingin mencari kuliner makanan berat, Surabaya punya berbagai olahan nasi yang siap menyenangkan dan mengenyangkan perut Ada. Ada nasi apa saja? Demikian rangkumannya seperti dikutip dari instagram @surabaya_foodies:

1.Nasi Goreng Cumi

Jika biasanya nasi goreng diberi bumbu kecap dan berwarna cokelat kekuningan, maka Surabaya mempunyai nasi goreng berwarna hitam. Nasi goreng ini mempunyai warna hitam karena didapat dari cumi-cumi.

Di Surabaya terdapat warung yang menjual nasi goreng cumi, yaitu Warung Nasgor Cumi BBM. Nasi goreng cumi ini menambahkan telur goreng sebagai pelengkapnya. Nasi goreng cumi ini dibanderol Rp 23 ribu per porsinya.

Warung Nasi Goreng Cumi BBM ini berada di Jalan Rungkut Mejoyo Utara AH-19, Surabaya, Jawa Timur. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 18.00-20.30 WIB.

2.Nasi Serpang Khas Madura

Mendengar nama kota Madura, maka biasanya yang terbayang adalah sate dan Jembatan Suramadu. Namun siapa sangka jika di Madura terdapat kuliner “tersembunyi” yang banyak digemari dan dicari oleh para wisatawan, salah satunya adalah Nasi Serpang.

Konon, Nasi Serpang ini berasal dari Madura, tepatnya di daerah Bangkalan. Nasi Serpang ini adalah nasi yang ditambahkan beragam lauk-pauk antara lain telur asin, bakwan jagung, udang, soun bumbu kecap, sambal, dan rempeyek.

Jika Anda ingin merasakan Nasi Serpang ini ketika berkunjung ke Surabaya, Anda bisa pergi ke warung Nasi Serpang Ibu Choirul Anam yang terletak di Jalan Raya Mulyosari 212, Surabaya, Jawa Timur. Nasi Serpang ini dijual dengan harga Rp 22 ribu per porsinya.

Warung Nasi Serpang Ibu Choirul Anam ini buka setiap hari pada pukul 05.30-16.00 WIB.

3.Nasi Campur Cumi

Tak hanya Nasi Serpang, di Surabaya juga mempunyai varian nasi campur lainnya, yaitu nasi campur dengan cumi-cumi. Seperti namanya, nasi campur dengan cumi ini berisikan nasi dan dicampur dengan beberapa lauk-pauk. Nasi campur dengan cumi ini berisikan nasi, mie, udang, babat, cumi, serundeng, dan sambal pencit.

Di Surabaya terdapat warung yang menyedakan Nasi Campur Cumi, yaitu Warung Sego Meduro Suramadu Bu Ana, tepatnya di Jalan Kalibutuh No.6, Surabaya. Satu prosi Nasi Campur Cumi ini dijual dengan harga Rp 26 ribu. Tak hanya makan, warung ini pun menjual minuman yang dibanderol Rp 4 – Rp 10 ribu. Warung ini buka setiap hari pada pukul 06.00-16.30 WIB.

4. Nasi Minyak Bebek

Untuk Anda penggemar bebek yang sedang berkunjung ke Surabaya, tidak ada salahnya mencoba nasi minyak bebek. Di Surabaya, tepatnya di Jalan Mojopahit No.26 terdapat warung yang menjual nasi minyak bebek, yaitu warung Bebek Goreng BRI. Nasi Minyak Bebek ini berisikan nasi dan dipadukan lauk yaitu bebek goreng dan sambal. Selain itu, Nasi Minyak  Bebek ini juga diberi sayuran seperti kol dan daun kemangi.Warung Bebek Goreng BRI ini dibandrol dengan harga Rp 16 ribu per porsinya. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 19.00-23.00 WIB. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba Nasi Minyak Bebek ini di Surabaya. Seperti yang dikutip Liputan6.Com. (Viana/Pkl/Net)