BOGOR TODAY – PSSI telah resmi menandatangani kontrak kerjasama Shin Tae-yong sebagai pelatih sekaligus manager Timnas Indonesia. Pelatih yang berusia 50 tahun ini merupakan pelatih yang pernah membawa tim Korea Selatan ke piala Dunia 2018.

Dalam penandatangan kontrak, hadir juga Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto dan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha. Shin Tae-yong menyepakati kontrak berdurasi panjang untuk melatih Timnas Indonesia.

“Kontrak sudah diselesaikan Shin Tae-yong akan menjalakankan program jangka panjang dengan durasi kerjasama 4 tahun”, ucap Ketua PSSI, Mochamad Iriawan pada prosesi perkenalan Shin Tae-yong di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (28/12/2019) .

Pelatih asal Korea selatan ini dipilih oleh Komite Eksekutif PSSI dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari Departemen Teknik serta sejumlah pelatih.

“Kemarin secara detail saya mendiskusikan, tentunya PSSI ingin membangun Timnas yang solid dan berprestasi, jadi Shin tae-yong tidak bekerja sendiri nanti ada asisten dan pembantunya yang dibawa dari Korea dengan pelatih-pelatih yang ada di Indonesia”, katanya.

Mochamad Iriawan juga menyampaikan harapan PSSI terhadap Shin Tae-yong sebagai pelatih baru timnas Indonesia.

“Tentunya dengan visi dan pengalaman yang bersangkutan apa yang kita harapakan untuk Indonesia bisa diwujudkan tentunya dengan kolaborasi pelatih-pelatih Nasional yang akan kami libatkan dalam proyek ini, nanti ada pelatih-pelatih kita yang nantinya bersama dengan Shin untuk berkolaborasi, karena tentu secara kultural pelatih kita lebih menguasai bagaimana karakter pemain kita”, ujarnya.

Di tempat yang sama, Shin Tae-yong merasa sangat terbuka hatinya lantaran PSSI mempercayakan dirinya. “Hati saya terbuka karena PSSI mempercayakannya kepada saya,” ujar Shin.

Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 2021 mendatang, ia akan berusaha semaksimal mungkin guna membawa Tim Garuda Muda lolos grup penyisihan. “2021 nanti ada FIFA di Indonesia saya akan menunjukan semaksimal mungkin agar bisa lolos dari grup di fifa 2021,” kata Shin.

Masih kata Shin, dirinya akan berusaha semaksimal mungkin agar Timnas Indonesia (Tim Senior) bisa berprestasi. “Karena saya melihat harapannya besar dari Timnas Indonesia,” pungkasnya. (Adit)