BOGOR TODAY – Mungkin jarang yang mengetahui buah ceremai karena keberadaannya saat ini sudah langka, apalagi buah kecil mungil itu jarang disukai karena rasanya yang sangat asam. Namun, ditangan kreatif siswa siswi SMP N 20 Kota Bogor buah yang asam itu berubuh wujud menjadi sirup yang manis dan segar.

”Yang dipamerkan dalam acara ini adalah sirup ceremai, permen ceremai, pudding ceremai, rujak ceremai dan ada bakwan dari kulit buah naga,” ujar Dra Siti Rofiqoh Mpd, salah seorang guru SMPN 20 Kota Bogor, saat siswa sisiwinya mengkuti acara Gebyar Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Expo di Mall BTW pada Rabu (20/11/2019) kemarin.

“Yang dipamerkan dalam acara ini itu ada sirup ceremai, permen ceremai, pudding ceremai, rujak ceremai, dan ada bakwan dari kulit buah naga,” ujar Dra Siti Rofiqoh Mpd, salah seorang guru SMPN 20 Kota bogor, Rabu (20/11/2019).

Berawal dari keberadaan sekolah SMPN 20 Kota Bogor yang berada di Jalan Ceremai dan banyak sekalai pohon ceremai di area tersebut, alhasil munculah ide untuk membuat makanan dan minuman olahan dari buah yang memiliki rasa asam itu.

“Sirup ceremai memiliki manfaat bisa menyembuhkan penyakit diabetes. Sirup ceremai ini sudah di produksi lama, sudah menjadi unggulan dari SMPN 20. Selain itu, pohon ceremai merupakan tanaman langka dan harus dilestarikan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, cara mengolahnya, yang pertama ambil buah ceremai yang besar kemudian dicuci dengan bersih, ceremai tersebut direbus 1 – ½ jam, lalu, ditiriskan sampai tidak ada airnya, setelah itu dimasukan ke dalam wadah yang sudah diisi dengan air gula.

“Butuh 1 bulan untuk mempersiapkan semuanya, dari  mulai mendesign standnya, pembuatan sirup ceremainya, mempersiapkan yang akan ditampilkan, da nada juga beberapa hasil karya dari murid,” pungkasnya. (Mutiara/PKL)

loading...