BOGOR TODAY – Inovasi yang diciptakan siswa SMP Kosgoro patut diacungi jempol. Siapa mengira biji rambutan yang tidak berharga menjadi olahan kopi yang mantap. Hasil karya mereka (SMP Kosgor, red) dipamerkan dalam acara Gebyar Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan SMP se-Kota Bogor Tahun 2019, yang diselenggarakan di Mall BTW Jalan Veteran Panaragan Kota Bogor.

”Cara mengelolanya, pertama biji rambutan yang sudah matang yang sudah bisa di makan dan kita ambil bijinya, kita goreng tanpa minyak sampai coklat tapi bukan gosong. Setelah itu biji rambutan yang sudah digoreng didingkan kemudian setelah itu ditumbuk hingga halus,” tutur Dimas Siswa kelas 8 SMP Kosgoro Bogor, saat mengikuti acara KIR dan Expo, Rabu (20/11/2019).

Dimas mengatakan, hasil karyanya itu baru pertama kali dibuat dan dipamerkan dalam acara yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor.

“Ini hasil karya ilmiah kami yang pertama dan mungkin ini belum banyak orang mengetahui bahwa biji rambutan bisa menjadi kopi,” kata dia. (Viana/PKL)

loading...