CIBINONG TODAY – Pemerintah akan menyiapkan kantong parkir di wilayah pertambangan. Kantong parkir tersebut rencananya akan dibangun di dua wilayah terdampak tambang, Kabupaten Bogor dan Tangerang.

Bupati Ade Yasin (AY) pun mengaku hal tersebut sudah dibicarakan dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dalam rapat yang digelar beberapa waktu lalu.

“Saya sudah rapat dengan BPTJ. Kemungkinan solusi terdekatnya membuat kantong parkir. Bekerjasama dengan Perhutani dan nanti pihak BPTJ sendiri yang berkoordinasi dengan perhutaninya,” kata Ade Yasin.

Pembangunan kantong parkir di dua wilayah itu merupakan langkah BPTJ sambil menunggu investor yang akan membangun jalur khusus tambang.

“Jam operasional berjalan seperti biasa, masih sama yang itu. Ini hanya solusi terdekat. Ya kalau solusi panjangnya membuat jalur khusus tambang,” katanya menekankan.

Dalam proses pembuatan kantong parkir ini, Ade Yasin mengatakan, pemerintah melibatkan masyarakat dalam proses hingga pengelolaannya.

“Kemungkinan akan ada rembukan. Ada musyawarah. Nanti dikelola oleh warga di sana,” ungkap dia.

Dia pun memastikan akan mendorong para pengusaha tambang di wilayah tersebut untuk berkontribusi dalam pembuatan kantong parkir itu. Khususnya salam segi pendanaan.

“Pihak pengusaha harus berkontribusi. Jadi kita bangun sama-sama, jangan hanya mengandalkan pemerintah. Karena kan mereka yang mengambil keuntungan di alam kita. Seharusnya mereka juga menjaga alamnya,” pungkasnya. (Firdaus)

loading...