SUKAJAYA TODAY – Longsor dan banjir Bandang menerjang Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor di awwal tahun 2020, sayangnya pasca terjadi bencana ini akses menuju kecamatan diujung Barat Kabupaten Bogor ini begitu sulit. Ya, hampir semua material longsor menimpa jalan utama menuju ke arah sukajaya.

Pantauan di lokasi, jalur menuju Sukajaya memang cukup sulit pasalnya sejak di wilayah Cigudeh tepatnya kebun kalapa akses menuju kearah sana sudah ditutup. Hal ini dilakukan karena memang masih banyak pergeseran tanah yang yang kerap terjadi.

Alat yang bisa dipakai untuk menuju sukajaya adalah dengan berjalan kaki, dan banyak warga yang memang memilih jalan ini, kalaupun dengan roda dua cukup kesulitan karena memang kondisi medan yang cukup terjal, bahkan banyak para petugas mulai dari TNI, POLRI, OKP dan Ormas ikut mengamankan hilir mudik kendaraan dan pejalan kaki.

Dititik dekat Sukaraksa tak jauh dari jembatan Cipanganten memang kondisi longsor cukup parah, karena memang material bukit menutupi jalur utama, bahkan dua alat berat diturunkan untuk membantu mengangkat material yang jatuh te tengah jalan.

Namun, disaat evakuasi pembukaan jalur ini warga sulit dijaga untuk melintas banyak warga dengan menggunakan kendaraan roda dua memaksa masuk jalur yang sedang dievakuasi.

“Sabar, bapak ibu, ini mau kita evakuasi dulu tanah yang lonsgor agar jalur bisa kita bersihkan dan kendaraan masuk ke jalur ini,” kata petugas teriaknya.

Setelah hampir 5 jam, akhirnya material longsor bisa diangkut dan kendaraan mulai bisa masuk untuk mengakses berbagai bantuan dari luar. (Agus/dei)