Bandung Barat – Di Blok Gunung Sanggar, Desa Batujajar Timur, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terdapat sebuah sumur yang tak pernah kering meski di musim kemarau. Lokasi sumur yang digali pada 1990 itu berada di tengah ladang yang tandus.

Junaedi (36), warga sekitar, memanfaatkan sumur tersebut setiap musim kemarau datang. Warga di desa tersebut menggunakan sumur tersebut untuk kebutuhan minum, memasak, dan mencuci.

“Digunakan oleh warga 24 jam juga nggak habis. Paling kalau sudah agak mendangkal, tunggu dulu 10 menit, baru airnya masuk lagi dari celah-celah sumur,” ujar Junaedi saat ditemui detikcom di lokasi sumur, Rabu (3/10/2019).

Pantauan detikcom, di samping sumur tersebut warga menyiapkan beberapa buah ember dan jeriken. Junaedi mengatakan biasanya mengangkut air menggunakan ember ke rumahnya, yang berjarak kurang-lebih 1 kilometer dari lokasi sumur.

“Dulu pernah dipasangi pompa, tapi nggak kuat listriknya. Suka mati, pemerintah juga pernah memberi bantuan air, tapi sama, suka nggak kuat juga listriknya,” ujarnya.

Warga sekitar menyebut sumur tersebut ‘Sumur Cimahi’ karena airnya mahi atau ‘cukup’ dalam bahasa Sunda.

Sumur Cimahi, Sumber Air yang Tak Pernah Kering di Bandung BaratFoto: Yudha Maulana/detikcom

Dikutip dari Detik.com, lokasi sumur tersebut berada di atas lahan yang akan dijadikan lahan perumahan. “Kami bingung juga kalau sampai dibangun perumahan. Warga nanti mau ambil air dari mana lagi?” ucapnya.

Ketua RW 01 Blok Gunung Sanggar, Nanang, mengatakan sedianya pihak pengembang akan menjanjikan sumur di setiap RT di Desa Batujajar Timur. “Dulu memang sumur itu berasal dari rumah gusuran,” katanya. (Carfine/net)

loading...