JAYAPURA TODAY – Kodam Cenderawasih bersama Polri masih melakukan patroli gabungan, pasca baku tembak aparat keamanan dengan kelompok bersenjata di Intan Jaya.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto mengatakan situasi Intan Jaya mulai kondusif.

“Tak ada pasukan yang ditambah ke daerah itu, jumlah aparat keamanan sudah cukup, dari Kodim dan Koramil, juga anggota Polri yang bertugas di Intan Jaya masih cukup untuk menjaga situasi keamanan di Intan Jaya,” jelas Eko, , Kamis (20/2/2020).

Namun Eko tidak memaparkan jumlah pasti pasukan keamanan di Intan Jaya. Eko menyebutkan, upaya penegakan hukum juga terus dilakukan, guna menyisir keberadaan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB).

Sebelumnya, aparat gabungan TNI Polri baku tembak dengan KKSB di Kampung Gulanggama dan Japaro Komplek, Kabupaten Intan Jaya.

Kodam Cenderawasih menyebut 1 anggota KKSB tewas tertembak, bernama Meki Tipagau, 18 tahun, karena membawa senjata api.

Dalam baku tembak itu, Kodam mengklaim rekoset dari kelompok KKSB mengenai seorang perempuan bernama Kina Sani, 14 tahun yang kena pada telapak kaki kiri.

“Korban sudah ditangani dan selanjutnya dievakuasi ke Sugapa, dilanjutkan ke Timika untuk diambil proyektilnya,” jelas Eko. (net)

loading...