Untitled-13ALFIANMUJANI
[email protected]

Seratus lebih murid SDN Cilendek Timur 1 bersorak gem­bira saat diberitahukan bahwa pada jam istirahat pertama, mereka akan melakukan pena­naman pohon buah-buahan bersama Tim Bogor Hejo dari SKH Bogor Today. Mereka berkumpul di halaman sekolah.

‘’Hari ini kita kedatangan tamu Bo­gor Hejo dari surat kabar harian Bogor Today. Kita akan menanam pohon agar udara di lingkungan sekolah tidak pa­nas,’’ kata Guru Olah Raga SDN Cilendek Timur 1 Dedi Haryanto yang meneri­ma Tim Bogor Hejo mewakili Kepala Sekolah, Lili Mardiah S.Pd, M.Si, Senin (25/7/2016).

Lili Mardiah tak mengikuti acara penanaman pohon lantaran sedang mengikuti rapat di tempat lain. Dedi ber­sama para guru lainnya seperti Sahrul Rohmanudin mendampingi Tim Bogor Hejo melakukan edukasi lingkungan dan gerakan menanam pohon setiap hari. Hadir juga Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, General Manager SKH Bogor To­day Amel Amalia Dian Puspitasari, dan Pemimpin Redaksi SKH Bogor Today Al­fian Mujani.

Dedi menjelaskan bahwa menanam pohon di sekolah merupakan kegiatan yang sangat penting. Selain untuk meng­hijaukan area terbuka, juga untuk mem­berikan edukasi bagi anak didik. ‘’Nanti kalian dengarkan penjelasan dari bapak dan ibu ini. Lalu nanti kita sama-sama menanam pohon agar nanti kalian di rumah masing-masing juga bisa mena­nam pohon,’’ katanya.

Para pelajar kelas 6 yang mengikuti acara edukasi ini tampak antusias dan menyimak. Namun di barisan bagian belakang, tetap saja anak-anak menun­jukkan sikap khasnya bersenda gurau dengan sesama temannya. Namun po­lah khas anak-anak ini tak mengganggu jalannya acara edukasi lingkungan.

Ketia Amel dan Tato Marsito melan­jutkan edukasi lingkungan dengan per­mainan kuis, para siswa semakin antusias mengikuti acara ini. Awalya mereka malu-malu mengacungkan tangan dan maju ke depan untuk menjawab pertanyaan. Na­mun setelah kuis berlangsung, mereka berebut menjawab setiap pertanyaan.

Bukan hanya para siswa yang di­berikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari Amel dan Tato, namun juga para orang tua murid yang ikut nim­brung di acara Tanam Pohon Bogor Hejo ini. Seorang ibu yang beruntung berhasil menebak salah satu nama pohon buah yang akan ditanam. Ibu ini mendapat hadiah paket sembako sumbangan dari Yayasan Indera Surya Jakarta Selatan asuhan Ayu B Nurdin. Sementara para siswa yang bisa menjawab pertanyaan seputar manfaat menanam pohon juga mendapat hadiah sembako dan alat-alat sekolah lainnya.

Acara berlangsung cukup efisien, yakni hanya memanfaatkan waktu istirahat para siswa, yakni sekitar 30 menit saja. (*)

loading...