alfian mujani 240SYEKH Madoury Ra­bah dari Aljazair ber­bicara tentang kisruh politik di beberapa negara seperti Mesir, Suriah, Tunisia, Sudan dan lain-lain. Sejatinya kisruh itu merupakan teguran dari Allah pada rakyat negeri itu untuk kembali kepada Allah, beribadah dengan bagus dan ber­buat sesuai dengan tuntunan agama.

Lihatlah bagaimana Rasulullah mengubah Yatsrib, negeri penuh musibah, menjadi Madinah Munawwarah, Kota Peradaban Penuh Cahaya. Rasulullah, dari Mekah ke Madinah, membawa 70 sahabat yang bekal migrasinya adalah iman dan takwa, bukan harta dan kegagahan fisik.

Apakah perintah pertama Rasulullah di Madinah? “Tebarkanlah salam dan berikanlah makan.” Tebarkan salam bermakna lebih dari sekedar ucapan salam, tetapi tebarkanlah ke­damaian, memasukkan rasa damai ke dalam hati dan kehidupan orang lain. Berikanlah ma­kan bermakna lebih dari sekedar satu dua kali shadaqah makanan melainkan memberikan kesempatan kerja pada setiap orang sehingga bisa mencukupi kehidupannya secara layak. (*)

loading...