BOGOR TODAY – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor bersama Lurah Pakuan Arief Hidayat, dan para kader kelurahan serta pengurus RT dan RW, puskesmas, mengkampanyekan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di RW04, Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Senin (21/9/2020).

Dalam kegiatan itu, Direktur Umum Perumda Tirta Pakuan Rino Indira Gusniawan bersama Lurah Pakuan mengelilingi pemukiman RW04 dan menyapa warga. Selain itu, keduanya membagikan masker kepada masyarakat dan menempel stiker himbauan pencegahan covid-19.

Rino Indira Gusniawan mengatakan, bahwa kampanye AKB atau sosialisasi tentang pencegahan covid-19 ini sangat penting. Sebab, kondisi Kota Bogor saat ini cukup memprihatinkan, sehingga edukasi ini harus sampai kepada masyarakat secara langsung, supaya nantinya masyarakat Kota Bogor lebih disiplin.

“Kampanye ini bagian tugas kita dan melalui ini menunjukan bahwa pemerintah hadir dan peduli kepada masyarakat, supaya penyebaran covid tidak semakin meluas,” kata Rino kepada BogorToday.com.

Ia pun menyampaikan, masyarakat harus mematuhi himbauan pemerintah yaitu membiasakan hidup displin dengan cara menerapkan 3 M yakni Menjaga Jarak, Menggunakan Masker dan Mencuci Tangan pakai sabun. Sebab, jika ini diterapkan maka bisa menekan penyebaran virus yang sangat menakutkan ini.

“Kalau kita gak percaya covid itu ada, maka makin banyak, makin membesar tuh covid. Tapi kalau kita mulai disiplin dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan itu kita bisa menekan perkembangan covid ini, kita bisa mengalahkan peperangan ini sampai kita menemukan vaksinnya sampai kita terbebas dari pandemi,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Lurah Pakuan Arief Hidayat mengaku sangat mengapresiasi aksi yang sudah dilakukan oleh Perumda Tirta Pakuan ini. Menurutnya, didalam memerangi covid itu memang dibutuhkan sinergi dan kebersamaan dari berbagai pihak.

“Kami berterima kasih banyak kepada semua pihak yang hari ini terlibat, terlebih kepada Perumda Tirta Pakuan. Kami akan terus lakukan kampanye ini secara masif,” kata Arief.

Ia juga menyadari bahwa warganya itu masih banyak yang belum paham pentingnya penggunaan masker. Hal itu ditemukan ketika dirinya bersama Perumda Tirta Pakuan menemukan warga tidak memakai masker.

“Makanya kita sembari kampanyekan AKB, kita juga membagikan masker kepada masyarakat, karena sesuai himbauan pak wali bahwa disiplin kita adalah vaksin kita dan kebersamaan kita senjata kita,” ucapnya.

Arief juga menegaskan, bahwa AKB itu bukan kembali ke adaptasi lama yang setiap harinya tidak memikirkan atau tidak memakai masker. Justru AKB itu lebih menekankan masyarakat supaya lebih disiplin dalam menjaga kesehatan, seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan pakai sabun, hingga menghindari kegiatan yang mengundang massa yang banyak.

“Kenapa ini harus dilakukan, ya supaya kita bisa mencegah penularan covid yang sangat berbahaya ini” tegasnya. (Heri)