BOGOR TODAY – Pipa milik PDAM Tirta Pakuan di wilayah Jalan Suryakencana, Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, mengalami kebocoran. Hal ini mengakibatkan air banyak menyembur keluar dan menggenangi jalan sekitarnya.

Asisten Manajer NRW dan Penanggulangan Kebocoran, Erdi Nuraedi mengatakan, kebocoran pipa PDAM ini adalah dampak dari pekerjaan proyek pedestrian di kawasan tersebut.

“Kebocoran ini adalah dampak dari proyek pedestrian di Jalan Suryakencana, saat beko tengah mengeruk tanah,” kata Erdi.

Erdi menginformasikan bahwa ada 2 pipa besar yang terkeruk yaitu Pipa AC 8″ dan PE 4″, dan apabila dihitung secara keseluruhan jumlah titik kebocoran sampai Rabu 16 Oktober 2019 mencapai kurang lebih 42 titik.

Tidak dapat dipungkiri kebocoran pipa ini mengakibatkan PDAM Tirta Pakuan mengalami kehilangan air yang cukup banyak sekitar kurang lebih 100 kubik namun tidak berdampak pada pelayanan pengaliran terhadap pelanggan karena quick response dari petugas penanggulangan kebocoran.

Lebih lanjut Erdi menjelaskan bahwa pasca kejadian ini pihak PDAM mempersiapkan petugas jika terjadi kebocoran dan menyusun perhitungan untuk denda yang akan dibebankan kepada kontraktor pelaksana proyek pedestrian.

“Kita siapkan 1 orang petugas untuk stand by 8 jam/hari untuk selalu memantau kondisi di lokasi,” pungkasnya. (Lintang)

loading...