SURABAYA TODAY – Tim Search And Rescue (SAR) gabungan berhasil mengevakuasi 13 orang pendaki yang terjebak kebakaran hutan di sekitar jalur pendakian Gunung Raung, Sabtu (5/10/2019). Evakuasi ini berlangsung dramatis, sebab dilakukan di tengah kondisi kebakaran di beberapa titik.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, Asnawi Suroso mengatakan, pendaki yang terjebak terdiri dari dua orang guide, dua orang porter lokal Banyuwangi, dua orang pendaki WNI dan tujuh orang pendaki asal Singapura. Sementara tim SAR gabungan terdiri atas tim Pos SAR Jember, 851 Rescue, Serdadu Alam, BPBD Banyuwangi, SAR OPA Jember dan warga sekitar.

Asnawi mengatakan pendaki berhasil dievakuasi pukul 02.30 WIB pagi tadi. Mereka ditemukan oleh Search Rescue Unit (SRU) 1 dan SRU 2 yang dikerahkan tim SAR gabungan dari Posko SAR gabungan di Pos Perijinan Kalibaru.

“Saat itu, mereka berada di pos 4 gunung Raung,” katanya, Sabtu (5/10/2019).

Pendaki ditemukan dalam kondisi kelelahan karena berupaya turun agar terhindar dari kebakaran. Karenanya, SRU 1 dan SRU 2 memutuskan untuk beristirahat di pos 4 hingga kondisi benar-benar pulih dan siap melanjutkan perjalanan turun.

Satu jam kemudian, tim SAR gabungan kembali mengerahkan satu SRU untuk membantu proses evakuasi. SRU ketiga ini membawa tambahan makanan, minuman dan juga personel medis untuk memeriksa kondisi para pendaki.

Rencananya, SRU 3 akan bertemu dengan SRU 1 dan SRU 2 di pos 2, yang lokasinya berada pada koordinat 8° 12’ 13,6” S 114° 00’ 04 E.

Saat dalam perjalanan menuju ke pos 2, SRU 3 menghadapi kendala berupa masih adanya beberapa titik api yang melalui jalur pendakian. SRU 3 berupaya mencari jalur alternatif menuju camp 2.

Dalam proses evakuasi para pendaki, tim SAR gabungan didukung dengan sejumlah peralatan SAR, diantaranya peralatan vertical rescue, APD (Alat Pelindung Diri), peralatan navigasi, dan peralatan medis.

Sementara itu hingga berita ini dikabarkan, upaya evakuasi terhadap 13 orang pendaki masih dilakukan tim SAR gabungan. (net)

loading...