vr13MADRID, Today – Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memprediksi terjadi balapan yang sengit di Grand Prix (GP) Belanda akhir pekan ini.

Hal tersebut disampaikannya usai me­lihat betapa impressifnya performa rekan setim, Jorge Lorenzo, belakangan ini.

Rossi mewaspadai keperkasaan Lo­renzo akan berlanjut di Sirkuit TT As­sen. Dengan kemampuan dan kualitas yang dimiliki, pembalap 36 tahun itu sa­dar Lorenzo mampu meraih kemenan­gan kelima beruntun untuk merebut posisi puncak klasemen sementara.

“Setelah tujuh serie, perbedaan an­tara saya dan Jorge (Lorenzo) hanya satu poin. Assen akan menjadi pekan yang sangat menyulitkan. (Balapan) ini tidak akan mudah karena Jorge dalam perfor­ma yang luar biasa,” kata Rossi, seperti dimuat Crash, Rabu (24/6/2015).

Juara dunia tujuh kali itu bertekad memperbaiki penampilan kala di GP Katalunya agar dapat finis di depan Lo­renzo. Pasalnya, hanya dengan cara itu­lah ia mampu mempertahankan posisi puncak klasemen yang sudah diraihnya sejak serie pertama.

“Pertama-tama, kami harus mening­katkan performa di sesi kualifikasi. Kami akan bekerja untuk membuat awal yang lebih baik di Assen,” papar rider asal Italia itu.

Pilar Movistar Yamaha, mengung­kapkan sirkuit utama Grand Prix (GP) Belanda itu adalah salah satu sirkuit fa­voritnya.

Rossi tidak sabar berlaga di Assen. Pembalap berjuluk The Doctor itu se­lalu menikmati momen-momen setiap membalap di sirkuit yang berkapasitas 60 ribu bangku penonton itu. Rekan setim Jorge Lorenzo itu pun berharap dapat mencatatkan performa dan hasil yang baik kali ini.

“Saya menyukai Assen. Itu adalah sirkuit yang bagus. Saya memiliki ke­nangan yang baik saat membalap di sana. Ini akan menjadi balapan yang penting,” kata Rossi, seperti diberitakan Crash, Rabu (24/6/2015).

Sirkuit Assen memang bisa di­katakan ramah untuk rider 36 tahun itu. Sepanjang keikutsertaannya di MotoGP, ia sudah enam kali mendapat kemenan­gan di Assen, menyamai kemenangan yang dimiliki pembalap legendaris, Gia­como Agostini.

“Saya yakin rival-rival kami akan melakukan segalanya untuk mendapat­kan kemenangan. Untuk itu, kami harus mewaspadai mereka,” tandas juara du­nia tujuh kali itu.

Kemenangan wajib didapat Rossi untuk mempertahankan posisi puncak klasemen sementara. Pasalnya, Lorenzo berpeluang besar merebut posisi terse­but, mengingat saat ini keduanya hanya berselisih satu poin.

Assen Cocok untuk Yamaha

Sirkuit TT Assen rupanya tidak han­ya menjadi favorit Valentino Rossi, me­lainkan juga Jorge Lorenzo. Wajar apa­bila Rossi menyukainya karena Lorenzo mengakui Sirkuit Assen memiliki layout yang cocok untuk Ya­maha.

Menjelang Grand Prix (GP) Belanda, Lo­renzo memiliki per­asaan yang baik. Pasalnya ia akan berlaga di salah satu sirkuit favor­itnya, yang no­tabene dikenal ramah untuk penunggang motor Yamaha.

“Saya mempunyai ban­yak kenangan baik dan bebera­pa kenangan buruk di sana. Tapi secara keseluruhan, saya suka membalap di sana. Layout-nya luar biasa,” tutur Lorenzo.

Menurut rider berusia 28 ta­hun itu, sirkuit berkapasitas 60 ribu bangku penonton itu seperti memang didesain untuk motornya. Ia mengaku sangat menyukai se­tiap tikungan yang terdapat dalam sirkuit tersebut.

Meski demikian, Lorenzo cukup mewaspadai faktor cuaca Belanda. Juara dunia dua kali itu mengungkap­kan cuaca Negeri Kincir Angin itu saat ini tidak menentu. Untuk itu, ia pun me­mastikan dirinya harus siap membalap dalam kondisi apa pun.

“Saya pikir Assen akan sempurna untuk kami. Tapi, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi,” tuntas pembalap asal Spanyol itu.

(Imam/net)

loading...