JAKARTA TODAY – Sprinter Lalu Muhammad Zohri memastikan diri tak turun di SEA Games 2019 Filipina. Dia akan mudik ke Lombok.

Zohri sejatinya menjadi salah satu pelari yang diproyeksi untuk mendulang emas di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, pada 30 November-11 Desember.

Zohri diunggulkan karena rentetan prestasi ditorehkan. Dimulai dari juara dunia U-20, kemudian mampu mengemas catatan waktu fantastis 10,03 detik, sampai-sampai yang meloloskan dia ke kualifikasi Kejuaraan Dunia dan Olimpiade 2020 Tokyo.

Meski begitu, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) memutuskan untuk tak menurunkan Zohri dan memfokuskan dia ke persiapan Olimpiade.

Lagi pula, Zohri juga tak kecewa-kecewa amat menanggapi keputusan tersebut. Dia malah punya rencana lain selain persiapan multievent yang lebih besar.

“Saya tidak kecewa (tak ikut SEA Games) karena saya mau pulang kampung,”Kata Zohri kepada pewarta di Stadion Madya, Senayan, Rabu (20/11/2019).

“Saya izin karena (atlet) lain yang tak ikut SEA Games juga pulang kampung. Mungkin Desember sama pulang. Mereka tanggal 2 Desember berangkat, saya mungkin tanggal 5 Desember,”Dia menambahkan.

Di Lombok, Zohri bilang tak sekadar silaturahmi dengan keluarga, juga ada persiapan kejuaraan nasional.

“Saya persiapan Kejurnas estafet karena bang Fadlin (asisten pelatih tim estafet) juga di sana. Sekalian melihat rumah dan keluarga. Kangen,”Ujar dia.

Seperti yang dikutip dari detikcom, Zohri mengakui awalnya dia memang menggebu-gebu untuk bisa masuk skuat SEA Games. Namun, dia menyadari ini bagian dari proses regenerasi yang dilakukan PASI. Meski Zohri juga masih termasuk atlet muda, 19 tahun.

“Dulu sih berharapnya turun ke SEA Games tapi big bos yang ngomong (Bob Hasan) ya apa (sudah tidak bisa). Tetapi saya tetap mendukung apalagi yang turun masih muda-muda setidaknya memberikan mereka motivasi. Saya melihat mereka seperti tanding mentalnya belum siap. (Itu) di sini, apalagi pertandingan di SEA Games,” Zohri menjelaskan.

“Semoga mereka tetap fokus dan tak memikirkan lawan. Menampilkan hasil terbaik buat Indonesia,”Dia mengharapkan.(Dena/PKL/net)