ANGGAR-(5)-718569CIBINONG,TODAY-Tim Ang­gar Pusat Pendidikan dan Lati­han Pelajar Daerah (PPLPD) Kabupaten Bogor menyatakan siap tampil maksimal saat mengikuti Kejuaraan Nasi­onal (Kejurnas) antar PPLP, di Sulawesi Utara, 11-15 Okto­ber mendatang. Dihuni atlet muda, mereka tak memasang target muluk-muluk.

Pelatih anggar PPLPD Ka­bupaten Bogor Riandy men­gatakan tak membebani target kepada lima orang atletnya.

“Saya tidak terlalu men­argetkan, asalkan anak didik saya dapat bermain dengan serius dan fokus karena mer­eka masih pemula. Modal berharga telah kami raih saat mengikuti Kejuaraan Daerah di Kota Bandung. Saat itu kami meraih dua emas, dua perak dan satu perunggu,” kata Ri­andy di Gelanggang Olahraga (GOR) Ksatria Arena, Karade­nan Cibinong.

Tim anggar PPLPD diper­kuat, Hansen Pasaribu, Brian Jatiakar, Sultam Dafa Yusuf, Jurda, dan Aghna Firasya. Dari beberapa atlet tersebut meng­gunakan senjata yang ber­beda, yakni Sabel dan degen. “Kami tak mengirimkan untuk senjata floret karena kekuran­gan atletnya,” sambung dia.

Riandy dalam mempersiap­kan Kejurnas antar PPLPD, PPLP dan SKO mengandalkan Hansen Pasaribu, karena dia sangat berbakat, dan pernah menjuarai kejuaraan antar provinsi dengan membawa medali emas. Hansen, kata dia sangat andal dalam memain­kan senjata sabel dalam per­tandingan yang ia geluti.

“Ada atlet yang bernama Hansen Pasaribu, ia baru SMP kelas dua, tetapi sangat bisa di­andalkan. Hansen selalu mem­bawa medali jika ia mengikuti kejuaraan, maka saya ber­harap kali ini mendapatkan medali lagi,” tuntasnya.

Sementara itu, untuk men­sosialisasikan olahraga anggar, Ikatan Anggar Seluruh Indo­nesia (Ikasi) Kabupaten Bogor akan melakukan kunjungan ke setiap sekolah.

Ketua IKASI Kabupaten Bo­gor, Wawan Darmawan men­gaku senang karena anggar masuk dalam PPLPD. Menurut dia, ini langkah positif untuk mencetak atlet berkualitas, serta pemasalan olahraga di kalangan pelajar.

Wawan mengatakan, se­jauh ini pemasalan olahraga anggar bisa dikatakan maksi­mal. Buktinya, di beberapa sekolah, siswa mulai mengge­mari olahraga tersebut.

“Pemasalan olahraga anggar akan kami lanjutkan. Saya ber­harap, dengan bergabungnya anggar ke PPLPD, minat akan semakin bertambah,” ucap Wawan, beberapa waktu lalu.

Pengurus Cabang Olahraga Anggar sendiri baru saja di­lantik, akhir 2015 lalu. Wawan pun siap menjalankan ama­nah, dan menggapai target pada pelaksanaan Pekan Olah­raga Daerah (Porda) 2018 men­datang.

“Intinya kami akan fokus un­tuk mengenalkan olahraga ini kepada pelajar. Banyak kalan­gan menilai anggar adalah olah­raga mewah, tapi pada kenyata­annya tidak. Ini terbukti, minat mulai bertambah,” tegasnya.

Wawan sendiri mengaku cabornya siap menjadi bagian dari kesuksesan Kontingen Kabupaten Bogor pada Porda XIII Jabar 2018 mendatang.

“Target kami tak muluk-muluk. Kami berpikir realistis dulu sekarang, Ikasi hanya menargetkan dua medali emas dalam ajang pesta olah­raga terbesar di Jabar tersebut. Dua emas yang kami target­kan itu adalah satu kewajiban. Tidak menutup kemungkinan dalam perjalanannya kami bisa meraih tiga emas atau lebih,” pungkasnya. ( Imam)

loading...