BANDUNG TODAY – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 60,47 km ditargetkan bisa selesai akhir tahun ini.

Menurut Basuki, pihaknya sudah memetakan agar pekerjaan proyek Tol Cisumdawu bisa selesai akhir tahun ini. “Kami sudah petakan. Kami akan coba akhir tahun ini,” kata Basuki, Senin (13/1/2020).

Menurut dia, proyek tersebut saat ini tersendat akibat masalah pembebasan lahan. Padahal, saat ini tinggal tersisa beberapa kilometer saja. Terutama di wilayah Sumedang hingga Cileunyi.

“Jadi itu hanya masalah pembebasan lahan saja. Karena sebenarnya tinggal beberapa kilometer saja. (sudah ada paketnya) lupa nama paketnya,” ujar dia.

Kalaupun belum bisa rampung akhir tahun ini, kata dia, pihaknya telah menyiapkan beberapa alternatif, sehingga maksimal bisa beroperasi pada 2021.

Saat ini, tutur Basuki, pihaknya tengah melakukan pekerjaan jalur keluar dan masuk atau interchange Tol Cisumdawu di sekitar Cileunyi.

Jalur di kawasan tersebut diperlebar untuk menampung volume kendaraan yang diperkirakan masuk dan keluar Tol Cisumdawu. Dia mengatakan, proyek pelebaran jalan akses Tol Cisumdawu bisa selesai tahun ini. (net)

loading...