BOGOR TODAY – Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan penyegaran pejabat melalui rotasi mutasi jabatan eselon IIIA. Diantara mereka yang terkena rotasi ialah Camat Ciawi Agus Hasan Selamat yang kini menjabat Sekretaris di Dinas DPMPD Kabupaten Bogor dan penggantinya di isi oleh Adi Henryana yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas DPMPD Kabupaten Bogor.

Meski sudah satu minggu bertugas ditempat yang baru, keduanya menggelar tradisi pisah sambut di Aula Kantor Kecamatan Ciawi. Pisah sambut ini pun dihadiri seluruh kepala desa, perangkat pemerintah kecamatan dan tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga organisasi masyarakat.

Sekretaris Paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Ciawi, Nana Sumarna mengatakan, secara umum kepemimpinan Agus selama menjadi Camat Ciawi cukup bagus dan tegas didalam memberikan bimbingan kepada para kepala desa.

“Beliau itu bagus dalam memimpin dan juga tegas apalagi mengenai covid19 ini, protokol kesehatan memang harus terus di jaga dan ketegasan beliau lah untuk antisipasi terhadap gugus tugas yang ada di situ,” katanya kepada wartawan.

Nana yang juga menjabat Kepala Desa Ciawi itu berharap, penggantinya ini bisa lebih apa yang sudah dilakukan camat yang lama, yaitu dalam membinan dan membimbing para kepala desa yang ada di sini.

“Mudah-mudahan dengan kepemimpinan camat yang baru Pak Adi, bisa lebih membimbing 13 kepala desa didalam mememangku jabatannya sebagai camat. Kedua berdekatan dengan kepala desa, karena kepala desa yang memiliki masyarakat dan wilayah sehingga koordinasi lebih bisa terjaga antara pemerintah desa dengan kecamatan. Yang paling utama ialah bimbingan beliau sebagai atasan atau pembina kepala desa. Apalagi beliau ini mantan sekretaris dinas DPMPD yang tentunya paham tentang desa bagaimana mengelola pemerintah desa sebaik mungkin. Semoga desa-desa yang ada di ciawi ini lebih maju,” harapnya.

Sementara itu, Camat Ciawi Adi Henryana, mengatakan pihaknya akan berupaya mengoptimalkan peran dan fungsinya sebagai pelayan warga masyarakat juga sesuai yang di amanahkan oleh Bupati Bogor, Hj Ade Yasin.

“Mudah-mudahan bisa bersinergi dan bisa diterima dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga saya bisa menjalankan amanah dari Bupati Bogor dengan sebaik mungkin,” katanya.

“Intinya jangan menganggap bahwa Camat itu seorang Pimpinan atau Kepala wilayah, akan tetapi anggap sebagai rekan kerja Kepala Desa. Insya Allah dengan seperti itu tidak akan ada jarak antara atasan dan bawahan. Bagaimana caranya kami semua bisa mewujudkan Kecamatan Ciawi ini ke arah yang lebih baik,” tambahnya. (Heri)