IMG_20160727_112306BOGOR TODAY – Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2016 masih terasa sema­raknya. Kemarin, Wakil Wa­likota Bogor Usmar Hariman bersama Kepala Dinas Pendidi­kan Kota Bogor Edgar Harman merayakannya dengan men­gadakan nonton bareng film 12 Menit Kemenangan Untuk Selamanya bersama 400 siswa SMP/MTs dan SMA/SMK se-Ko­ta Bogor yang didampingi oleh guru masing-masing sekolah. Turut pula siswa sekolah luar biasa yang menyaksikan film tersebut.

Film yang berdurasi hampir dua jam ini menceritakan kisah perjuangan sebuah tim march­ing band Bontang, Kalimantan Timur, dalam mencapai tujuan bersama. Bukan hanya ma­salah kekurangan pemain saja yang menjadi kendala, melain­kan juga kesulitan tiga pemain utamanya, yakni Elaine, Tara, dan Lahang dalam proses lati­han hingga akhirnya sampai di Jakarta untuk mengikuti kom­petisi Grand Prix Marching Band (GPMB).

“Film ini diprakasai oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang ta­yang serentak di seluruh Indo­nesia. Film ini memiliki pesan penting, salah satunya menga­jarkan kepada anak untuk me­maknai perjuangan hidup un­tuk mencapai keberhasilan,” tutur Usmar. Usmar melan­jutkan film besutan Hanny R. Saputra juga mengajarkan bagaimana mengambil kepu­tusan yang cepat dan tepat.

Edgar turut menambah­kan bahwa film 12 Menit Ke­menangan Untuk Selamanya juga dapat membangun dan mengembangkan karak­ter anak. “Membangun dan mengembangkan karakter anak dengan hubungan manu­sia-manusia ataupun manusia-agama,” tutur Edgar.

Salah seorang guru SMP Negeri 7 Paledang Kota Bo­gor yang tidak ingin disebut­kan namanya menemani 15 siswanya turut senang hadir di kegiatan yang bermanfaat sep­erti ini. Guru tersebut berujar bahwa pesan yang sampai ke­pada anak-anak didiknya ialah meraih keberhasilan tidaklah instan. “Jika memang bekerja di dalam satu tim, tidak boleh mementingkan ego masing-masing,” tambahnya.

Iwan Alif Hidayat bersama temannya Muhammad Adit Pratama dari SMP Negeri 7 Paledang Kota Bogor juga merasa senang dengan adanya kegiatan pagi itu. “Sekalipun memiliki keterbatasan hidup tidak boleh menyerah. Jika memiliki bakat maka berjuang terus untuk menjadi orang sukses,” kata Iwan.(Herza/ Mgg/ed:Mina)

loading...