BOGOR, TODAY – Untuk memaksimalkan pe­nyebaran informasi kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabu­paten Bogor menggandeng Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA sebagai me­dia luar ruang.

“Kerjasama ini diperlukan untuk optimal­isasi sebaran informasi kepada masyarakat. Jadi, pemanfaatan media luar ruang telah dilakukan lewat media cetak, elektronik, on­line dan baliho,” ungkap Kepala Diskominfo, Wawan Munawar Sidik, Kamis (27/8/2015).

Wawan menjelaskan, pada Oktober 2015 mendatang, meresmikan videotron di Jalan Tegar Beriman yang nota kesepahaman (MoU) telah disepakati oleh Diskominfo dan LKBN ANTARA.

“Setiap sudut kita manfaatkan untuk men­goptimalkan Keterbukaan Informasi Publik (KIP),” lanjutnya.

Wawan menambahkan, Pemkab Bogor bah­kan telah memiliki tenaga operator teknologi informasi di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang rutin diberikan pelatihan mengenai pembuatan data base untuk menin­gkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami sangat berterima kasih dengan kerja sama ini, kami juga berharap videotron bisa dimanfaatkan oleh seluruh OPD untuk menye­barkan infromasi kepada masyarakat, terlebih dengan adanya tenaga operator di seluruh OPD,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur LKBN ANTARA, Hempi N Prajudi menuturkan, LKBN ANTARA mendapat tugas dari pemerintah mengenai desiminasi infor­masi dengan menyambaikan berbagai berita baik di Indonesia hingga berita dunia.

“Kemenkominfo saat ini memang belum memiliki kepanjangan tangan, oleh karena itu ANTARA diminta untuk membuat berita teks, foto, video desiminasi ke seluruh Indonesia,” terang Hempi.

Ia menambahkan, rencana dalam lima ta­hun kedepan dibuat sebanyak 300 LED video­tron yang disebar diseluruh Indonesia.

Dengan sistem saling berjaring diharapkan berbagai informasi yang ada diseluruh pen­juru Indonesia bisa diketahui oleh masyarakat luas. Misalnya, informasi di Bogor bisa terjar­ing langsung ke Makasar dan lainnya.

“Semoga tujuan kami bisa tercapai den­gan baik, serta kerjasama ini bisa bermanfaat diantara kedua belah pihak. Tentunya bisa membantu mempromosikan potensi yang ada khususnya di Pemkab Bogor,” imbuhnya.

(Rishad/*)