1Volvo memang tengah menggarap mobil otonom yang menjadi tren otomotif saat ini. Akan tetapi, pabrikan mobil asal Swedia itu tidak memiliki rencana untuk mengembangkan mobil otonom yang digunakan di jalan perkotaan.

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

Disampaikan CEO Volvo, Hakan Samuelsson bahwa Volvo mem­produksi mobil otonom agar pengemu­di dapat memanfaatkan waktu menyetir menjadi lebih produktif.

“Kami tidak berambisi untuk mengembangkan mo­bil yang dapat dikemudikan dari lingkungan urban, dari lingkungan A ke B. Jika anda konsumen normal, apa yang benar-benar diimpikan? Kami percaya ada situasi yang tidak menyenangkan untuk menyetir. Anda tinggal mengganti ke fitur autopilot, lalu hanya duduk dan menggunakan waktu secara produk­tif,” ujar Hakan, Senin (18/7/2016).

Volvo telah memiliki sistem semi otonom yang dinamakan Intellisafe Auto Pilot. Sistem tersebut mengombinasikan laser, empat radar, kamera trifocal, dua radar dengan cakupan yang luas, 12 sensor ultrasonik, radar di windshield dan kam­era untuk mengindentifikasi rambu lalu lintas.

Teknologi pada sistem tersebut juga menggunakan peta dan data GPS yang dapat memberitahu posisi mobil. Intelissafe Auto Pilot akan mulai diuji secara global pada 2017 mendatang pada 100 unit mobil di Gothenburg, Swedia. (NET)

 

loading...