BOGOR TODAY – Peringati ke-75 Dirgahayu Republik Indonesia, bendera merah putih raksasa sepanjang 250 meter dengan lebar dua meter dibentangkan ratusan warga Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Senin (17/8/2020).

Sebelum diarak, ratusan warga berbaris ditepi jalan untuk mengheningkan cipta saat detik-detik proklamasi pada pukul 10.17 sebagai simbol penghormatan kepada para pejuang terdahulu dan dilakukan sebagai simbol nasionalisme anak bangsa dan wujud rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepala Desa Cihideung Udik, Deny mengatakan, gagasan kegiatan tersebut berawal dari pemuda Cihideung Udik untuk mengganti kegiatan upacara bendera dengan membentangkan bendara merah putih lantaran Pemerintah Kabupaten Bogor mengimbau untuk tidak melaksanakan upacara bendera dalam upaya memutus rantai Covid-19. Tentunya, kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Membentangkan bendera merah putih sepanjang 250 meter dengan lebar dua meter melintasi lima RW dengan jarak tempuh sepanjang dua kilometer,” kata Denny.

Denny mengklaim, membentangkan bendera di jalan dengan berkeliling kampung bukan pertama kalinya dilakukan. Bahkan, pemuda terdahulu sempat melakukan hal yang sama. Namun, bedanya bendera merah putih yang dibentangkan dahulu hanya sepanjang 150 meter. Sementara saat ini bertambah menjadi 250 meter dan di arak oleh para pemuda, karang taruna dan tokoh masyarakat.

Disisi lain, Denny juga mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan para pemuda Desa Cihideung Udik. Lantaran bendera sepanjang 250 meter itu dibuat dan dijahit oleh para pemuda setempat.

Dengan demikian Denny bakal mengagendakan kegiatan itu menjadi kegiatan tahunan dan tentunya lebih semarak. “Kita berharap semangat kemerdekaan bisa berdampak hilangnya wabah pandemi covid-19 di Indonesia,” tukasnya. (Bambang Supriyadi)