BOGOR TODAY – Menanam sayuran ternyata tidak perlu lahan yang luas. Buktinya, warga kampung Warung Bandrek (Warban) RW05, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor memanfaatkan dinding perumahan di dekat kampungnya menjadi tananaman sayuran dengan sistem vertikultur atau pertanian bertingkat.

Tanaman sayuran yang ditanam di dinding perumahan yang ada di dekat kampungnya itu pun beragam, mulai dari kangkung, caisin, kangkung, bayam, tomat, hingga cabai pun ada di sana.

Istri Wakil Wali Kota Bogor, Yantie Rachim yang berkunjung ke kampung tersebut mengaku bangga dengan inovasi yang dilakukan warga. Sebab, apa yang sudah dilakukan warga di kampungnya itu luar biasa karena dapat memanfaatkan limbah plastik yang kemudian dijadikan media tanam.

Yang lebih menariknya lagi, kata Yantie, karpet yang sudah tidak terpakai dijadikan media tanam, sehingga tanaman sayuran yang ditanam di dinding perumahan tersebut menjadi indah dan enak dipandang.

“Saya sangat bangga ya, ini ilmu baru buat saya karena media tanamnya ternyata dari karpet, kemudian polibagnya juga dari limbah plastik,” kata Yantie Rachim dilokasi.

Yantie berharap seluruh wilayah di Kota Bogor yang memiliki 68 kelurahan semuanya bisa seperti ini. “Kalau bisa seluruh kelurahan ada seperti ini ya inovasinya. Kita bekerjasama dengan distani dan saya dari Jabar Bergerak juga bisa untuk menggerakan wilayah-wilayah lain untuk membudidayakan inovasi seperti ini,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Holtikultura dan Penyuluhan Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Dian Herdiawan mengatakan, bahwa ini merupakan salah satu percontohan Urban Organik Farming dengan sistem vertikultur atau pertanian bertingkat yang ada di Kota Bogor.

“Di sini terdapat 18 blok karpet vertikultur dan masing-masing blok diisi 10 kotak Karpet vertikultur, sedangkan serta ukuran untuk satu karpet 2 m x 2 m dengan 200 lobang tanam. Luasan tanam semuanya ada 72 m2 dengan 3.600 lubang tanaman,” kata Dian.

Ia menambahkan, bahwa kunjungan istri Wakil Walikota Bogor ke kampung warban ini untuk hadir melakukan panen sayuran bersama warga, yang kemudian dilakukan penanam baru. “Kita juga memberikan delapan bibit sayuran dan langsung ditanam oleh ibu wakil walikota bersama warga dan juga kader PKK Kelurahan kecamatan,” tandasnya. (Heri)

loading...