THE-BENEFITS-OF-YOGA-FOR-BEGINNERSTernyata manfaat yoga banyak sekali, tak hanya bagi mental saja, untuk jasmani pun manfaatnya banyak bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Yoga merupakan aktivitas fisik yang dipercaya dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit. Salah satunya adalah nyeri haid.

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

Wanita normal pasti mengha­dapi siklus menstruasi tiap bulan. Keluarnya darah dari organ intim, seringkali dibarengi dengan berbagai gejala yang membuat mereka tak nyaman. Mulai dari ketidakseimbangan hormonal yang membuat mereka begitu emosional, rasa kembung dan tidak nyaman pada seluruh persendian tulang, hingga kram perut yang sangat nyeri.

Tak sedikit wanita yang merasa nyeri se­tiap kali haid atau dikenal dengan istilah datang bulan. Nyeri haid bisa meng­ganggu aktivitas sehari-hari.

Pendiri Komunitas Yoga Gembira Yudhi Widdyan­toro menjelaskan, ger­akan yoga dapat mere­dakan rasa nyeri karena yoga membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Yudhi mengungkapkan, gerakan yoga yang dapat mencegah nyeri haid, yaitu Janu Sirsahana (head to knee pose).”Itu pose gerakan kepala mencium lutut. Gerakan ini membuat otot perut relatif lebih rileks,” kata Yudhi.

Gerakan yoga tersebut dimulai dengan posisi duduk dan kaki diluruskan. Kemudian lipat salah satu kaki dengan telapak menyentuh paha pada kaki yang satunya. Setelah itu, pegang telapak kaki yang diluruskan dan perlahan rendahkan kepala hingga menyentuh lutut.

Jika tangan tidak bisa menggapai telapak kaki yang diluruskan, bisa dengan bantuan handuk kecil. Begitu pula jika kepala tidak bisa menyen­tuh lutut, maka tidak perlu dipaksakan.

“Kuncinya adalah dengarkan tubuh kita send­iri. Kalau kita merasa ok, enggak apa-apa. Yoga dianjurkan belajar lebih bijaksana,” kata Yudi.

Jika sedang haid, lanjut Yudi, gerakan yoga yang nyaman terdiri dari berdiri, duduk, dan tidur. Sebagian besar adalah gerakan yang tidak terlalu sulit diikuti, seperti cobra, yaitu posisi badan tengkurap dengan dada dan kepala diang­kat.

Yudi mengaku kerap menemukan beberapa wanita yang akhirnya bisa mengatasi nyeri haid maupun memperlancar siklus menstruasi setelah rutin yoga. Yudi mengatakan, pada dasarnya, gerakan yoga memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh.

Selain itu, yoga juga memberikan efek rileks pada pikiran sehingga mampu menu­runkan stres atau rasa emosi.

Menurut Yudhi, yoga bisa dilakukan kapan saja. Saat haid pun bukan halan­gan untuk melakukan gerakan yoga. Na­mun, ada bebera­pa gerakan yang memang tidak dianjurkan di­lakukan saat haid.

 

loading...