Total Hartanya Tembus Rp 470 Triliun

Untitled-19

JAKARTA, TODAY — Li Ka-Shing, taipan asal Hong Kong, sudah bukan orang terkaya di Asia lagi. Kini orang terkaya di benua terbesar ini adalah Wang Jianlin, dengan harta USD 36,2 miliar, atau sekitar Rp 470 triliun. Meningkatnya ekonomi di China daratan, membuat orang-orang kaya bertambah hartanya. Wang Jianlin merupakan pemilik dari Dalian Wanda Group, perusahaan dengan berbagai bisnis, mulai dari properti hingga jualan online. Seperti dikutip dari Forbes, Selasa (12/5/2015), kekayaan Wang mengalahkan harta Li Ka-shing yang mencapai USD 34,1 miliar. Sejak 2001, posisi orang terkaya nomor satu di Asia dipegang oleh Li Ka-Shing. Wang menjadi orang terkaya di China melalui grup usahanya, yaitu Dalian Wanda Group, sebuah perusahaan real estate komersial yang mengontrol lebih dari 200 toserba, pusat perbelanjaan, dan hotel mewah. Pada Agustus 2014 lalu, Wang bersama Baidu dan Tencent, mendirikan perusahaan e-commerce bernama Wanda E-Commerce, dan mengumumkan proyek investasi di Beverly Hills, Australia, dan Chicago. Pada Desember 2014, Wang mendapatkan USD 3,7 miliar atau sekitar Rp 44 triliun dari penjualan saham Wanda Commercial Properties, di bursa Hong Kong. Wang lahir di Provinsi Sihuan pada 1954, setelah revolusi Komunis. Pada 1970 dia masuk militer hingga 1986 karena orangtuanya adalah anggota tentara China. Setelah itu, dia menjadi pegawai pemerintah di Dalian, Provinsi Liaoning. Dari situ, Wang banting setir jadi wirausahawan dengan mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut, bernama Dalian Wanda pada 1990an. Bisnis Wang sekarang berkembang pesat, tidak hanya di China. China merupakan negara dengan miliuner terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat. Kekayaan Wang di 2015 naik karena harga saham perusahaannya yang melonjak di pasar modal.

Baca Juga :  Resep Masakan Salad Kentang ala Jepang

Orang Kaya Termuda

Total kekayaan orang kaya termuda di Asia versi Wealth-X mencapai USD 19,3 miliar, atau sekitar Rp 250,9 triliun. Sebanyak USD 11 miliar dari jumlah tersebut dimiliki oleh wirausaha muda dari China. Dalam daftar ini, pengusaha pria mendominasi 9 dari 10 orang kaya termuda. Lalu, siapa saja miliuner termuda Asia yang umurnya di bawah 40 tahun ini? Dikutip dari CNBC, Senin (11/5/2015), berikut daftarnya bagian pertama.

1. Leo Chen Leo Chen adalah yang termuda pada daftar ini. Umurnya baru menginjak 32 tahun, tapi kekayaan bersihnya sudah mencapai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun. Pria berkebangsaan China ini adalah CEO dari Jumei International Holding, perusahaan ritel kosmetik online. Kekayaannya menanjak, saat perusahaannya Jumei melantai di bursa New York tahun lalu, dia juga pendiri Garena, salah satu platform game online.

Baca Juga :  5 Jenazah Korban Gempa Cianjur Kembali Ditemukan Tim Gabungan

2. Pang Shengdong Satu lagi pria berkebangsaan China dalam daftar orang muda terkaya Asia. Pang Shengdong kekayaannya mencapai USD 1,2 miliar, atau Rp 15,6 triliun. Dia adalah seorang ahli di bidang informasi teknologi (IT). Pria ini adalah wakil direktur Shanghai 2345 Network Holding Group, perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak untuk sejumlah sektor, seperti perbankan, telekomunikasi, dan pengendali lalu lintas. Pria berumur 38 tahun ini juga pendiri 51.com, jejaring sosial yang dibuka 400 juta kali per hari. Di negaranya, Pang sendiri adalah orang ke-25 terkaya. Dia juga dikenal dermawan dengan banyak menyumbang ke almamaternya, Universitas Ningbo.

3. Yusaku Maezawa Maezawa yang berumur 37 tahun adalah pendiri Start Today, perusahaan di belakang suksesnya situs fesyen online, Zozotown. Kekayaan pria asal Negeri Matahari Terbit atau Jepang ini mencapai USD 1,3 miliar Rp 16,9 triliun. Dia juga seorang musisi profesional. Maezawa memulai karirnya di tahun 90-an, saat dia menjual CD (compact disc) musik dan menerima pesanan dari rumahnya.