_timthumb-project-code.phpSINGAPURA, Today - Tim da­yung Indonesia merebut tiga medali emas pada perlombaan hari pertama cabang dayung SEA Games 2015 yang digelar di Teluk Marina Singapura, Kamis (11/6/2015).

“Kami akan mengejar tam­bahan medali pada perlombaan hari terakhir pada Minggu 14 Juni 2015. Target empat emas untuk hari ini meleset jadi tiga. Kami akan kejar sisanya pada Minggu,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olah­raga Dayung Seluruh Indone­sia (PODSI), Achmad Sutjipto, setelah perlombaan di Singapu­ra, mengutip dari Antara, Kamis (11/6/2015).

Indonesia merebut tiga emas masing-masing pada nomor per­lombaan nomor tunggal putri ringan 500 meter atas nama Maryam Makdalena Daimoi, tunggal putra sculls 500 meter atas nama Memo, dan nomor empat orang ringan 500 meter atas nama Denri Maulidzar Al Ghiffari, Muhad Yakin, Rendi Syuhada Anugrah, dan Mocha­mad Ali Darta Lakiki.

Maryam meraih waktu satu menit 44,29 detik dan berselisih 1,46 detik dari pedayung wanita Thailand Phuttharaksa Neegree yang menempati peringkat kedua.

Sementara, Memo meraih waktu satu menit 31,5 detik dan berselisih 1,69 detik dari wakil Myanmar Aung Ko Min yang meraih medali perak.

Kuartet pedayung Indone­sia, Denri, Muhad, Rendi, dan Ali Darta meraih waktu mampu menang tipis dari tim putra Viet­nam dengan selisih waktu 0,42 detik.

“Kekuatan Vietnam dengan Indonesia cukup seimbang pada cabang dayung. Target kami pada nomor ganda putra ringan 500 meter oleh Arief dan Ihram meleset,” imbuh Sutjipto.

Olahraga Dayung menarget­kan total 13 medali emas bagi kontingen Indonesia. Dua med­ali emas telah diraih tim perahu naga, tiga medali emas diraih tim kano dan kayak. PODSI akan mengejar sisa lima medali emas pada 10 nomor perlombaan fi­nal yang akan diselenggarakan di Teluk Marina, Minggu 14 Juni 2015.

Emas Pertama dari Renang

Indonesia akhirnya meraih medali emas dari cabang olah­raga renang. Adalah perenang Indra Gunawan yang berhasil keluar sebagai yang terbaik dalam nomor 50 meter gaya dada putra.

Dalam laga final di OCBC Aquatic Center, Indra sukses membukukan waktu tercepat 28,27 detik untuk naik ke podi­um tertinggi, Kamis (11/6/2015). Perenang berusia 27 tahun itu unggul 0,05 detik dari perenang Filipina Joshua Hall dan 0,40 detik dari Wong Fu Kang asal Malaysia.

Adapun Josua Dennis Tiwa, perenang ‘Merah Putih’ lain yang mampu menembus babak final. Sayangnya, Josua finis di posisi terakhir setelah hanya mencatatkan waktu 29,03 de­tik.

Sebelumnya, Indra juga tu­run di nomor 100 meter gaya dada putra. Namun, dia gagal mempersembahkan medali bagi Indonesia setelah finis kelima se­dangkan Josua di belakangnya.

Indra akan mencoba meraih medali lagi dalam laga final no­mor 4×100 meter gaya ganti estafet bersama Glenn Victor Sutanto, Triady Fauzi Sidiq, dan I Gde Sudartawa.

(Imam/net)