Berita-3JAKARTA, Today – PT Bank Internasional Indonesia Tbk menargetkan pertumbu­han kredit di segmen mikro hingga dua kali lipat atau 100 persen.

Taswin Zakaria, Presiden Direktur BII, mengatakan perseroan mulai merambah segmen mikro 2014 melalui unit PIJAR (Pilihan Bijak Mitra Usaha). “Kami fokus pada ko­munitas dan nasabah mikro kami menajdi financial sup­plu chain mechanism dari segmen SME dan komersial,” ujarnya dikutip Bisnis.com.

Baca Juga :  Terkait Pengerjaan Penggantian Valve Pada Hari Selasa, Ini Penjelasan Direktur Teknik Tirta Pakuan

Menurut Taswin, dalam se­tahun beroperasi unit mikro BII sudah mencapai titik im­pas. Bahkan, di kuartal I 2015 unit mikro BII sudah mendu­lang untung. Adapun, out­standing kredit mikro BII men­capai lebih dari Rp1 triliun.

Taswin mengakui, persain­gan di segmen mikro cukup ketat, terlebih beberapa bank sebelumnya sudah ter­jun di segmen ini menyusul PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Dia mengatakan, plafon kredit yang diberikan pers­eroan cukup tinggi diband­ingkan dengan bank lain, sekitar Rp50 juta. “Awanya Rp300 juta, tapi plafon terus turun,” katanya.

Baca Juga :  Tengah Tertidur di Mushola, Kepala Sang Ayah Dihantam Pakai Batu Besar oleh Anaknya

Berdasarkan ketarangan dari website perseroan, fasili­tas pinjaman kredit mikro paling rendah mencapai Rp5 juta. Selain penyaluran kredit, BII juga menjadikan unit mikro sebagai channel penghimpunan dana pihak ketiga.

(Adilla Prasetyo Wibowo)