alfian mujaniSETIAP orang tua in­gin anaknya senang dan bahagia. Apa pun akan dilakukan para orang tua untuk melindungi, merawat, dan memberikan apa yang membuat anaknya senang dan bahagia. Padahal, tak jarang apa yang di­lakukan orang tua itu tidak sesuai dengan keinginan anak, dan membuat anak merasa tak bahagia.

Orang tua tidak akan berhenti memper­hatikan anak dengan perhatian yang lahir dari kejernihan hati. Orang tua tahu bahwa merekalah yang paling bertanggungjawab dan paling tulus kepada darah dagingnya sendiri. Tetapi, tak semua anak bisa mema­hami makna ketulusan dan pengorbanan seperti ini.

Anak-anak sebenarnya juga tahu bahwa tempat pulang terindah adalah ke pangkuan kedua orang tuanya. Pelabuhan terakhir yang paling istimewa adalah orang tua. Orang tua harus menyadari ini. Para orang tua harus selalu memberikan waktu berkomunikasi dari hati ke hati dengan anak-anaknya. Bu­kan hanya ibu yang harus berbicara dengan anak, ayah pun harus. Ucapan orang tua akan menjadi hukum kehidupan yang tak pernah dilupakan anak-anak.

Jika ini yang dilakukan para orang tua, maka tidak akan pernah ada anak malang seperti Angeline..!