itEQaVb9o2JAKARTA, Today – Sekjen PSSI Azwan Karim mem­berikan lampu hijau ke­pada Mahaka Sports dan Entertainment untuk menggelar turnamen Piala Presiden yang diikuti sejumlah klub Indonesia Super League (ISL) 2015.

Menurut Azwan, PSSI memberikan apresiasi terhadap keinginan Mahaka menggelar Piala Pres­iden terse­but usai hari raya Idul Fitri. Hal itu diung­kapkan Azwan usai menerima CEO Mahaka Hasani Abdulgani ke­marin.

“Kami apresiasi apa yang diinginkan Mahaka sebagai promotor Piala Presiden untuk memutar turnamen. Apalagi saat ini sepakbola kita sedang mati suri,” ujar Azwan dikutip la­man PSSI.

Dirinya berharap Mahaka bisa mengurus perizinan , pendaftaran dan proses-pros­es lainnya yang harus dilakukan sebagai promotor.

“Kami segera mengeluarkan surat resmi kepada Mahaka un­tuk mendukung penuh Piala Presiden yang digelar oleh Ma­haka. Kita tak ingin menghalangi orang yang ingin menjalankan tur­namen sepakbola nasional, termasuk memberikan perangkat pertandingan dan lainnya secara maksimal,” jelasnya.

Sementara itu, Mahaka Sports and Entertainment membeberkan bahwa Piala Presiden merupakan turnamen pramusim yang mereka gagaskan se­cara independen tanpa melibatkan pihak Kementerian Pemuda dan Olah­raga (Kemenpora).

Baca Juga :  Presiden Jokowi Siapkan Bonus 309 Miliar Bagi Atlet Beprestasi di Asean Para Games 2022

Namun, bukan berarti Mahaka juga menggelar turnamen tersebut karena PSSI.

Mahaka selaku promotor men­gajak klub Indonesia Super League untuk bergabung, dan seluruh klub pun meminta Mahaka untuk men­gusahakan rekomen­dasi dari PSSI.

“ Kami melihat ada peluang. Klub dan juga pemain menginginkan adanya pertand­ingan. Kami tan­yakan satu dua klub setuju sehingga kami pun berinisiatif menggelar Piala Presiden,” kata Hasani Ab­dul Gani selaku CEO.

Tim Transisi mengklaim ini pu­nya mereka. Kalau punya mereka, pihaknya tentu sebagai operator. Op­erator dengan promotor itu berbeda.

“Tim Transisi menunjuk kami itu salah karena kami perusahaan. Tim Transisi itu di bawah Kemenpora dan akan menyelenggarakan turnamen, itu menyangkut uang negara sehingga harus ada tender. Paling tidak harus tiga perusahaan,” terangnya.

Inisiatif dari Mahaka untuk berkomunikasi pada Kemenpora tak lain karena titel turnamen Piala Pres­iden. Hasani sendiri mengaku sudah mendapat persetujuan Presiden men­genai hal tersebut.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Siapkan Bonus 309 Miliar Bagi Atlet Beprestasi di Asean Para Games 2022

PSSI Dukung Piala Presiden

Persatuan Sepakbola Seluruh Indo­nesia (PSSI) memberikan izin kepada PT Mahaka Sports & Entertainment sebagai promotor turnamen Piala Presiden. PSSI juga mengapresiasi niat Mahaka menyelenggarakan keg­iatan tersebut.

Ketua Umum PSSI La Myalla Ma­talitti, menjelaskan PSSI sudah mem­berikan izin kepada Mahaka dengan catatan. Mahaka hanya meminta izin kepada Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

“Mahaka jangan sampai berkomu­nikasi dengan tim transisi (ben­tukan Kemenpora). Kalau sampai Mahaka berkoordinasi dengan tim transisi, maka turnamen tersebut saya batalkan,” kata La Nyalla, Selasa (16/6/2015).

la Nyalla membeberkan, PSSI akan memberikan dukungan penuh berupa perangkat pertandingan seperti wasit dan lainnya secara maksimal.

Berdasarkan izin yang diajukan Mahaka, turnamen rencananya akan digelar usai Lebaran. Hingga saat ini belum ada kepastian klub yang akan ambil bagian.

(Imam/net)