Untitled-10PT Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung untuk pembangunan 14 apartemen khusus bagi warga kelas menengah sebagai upaya mendukung Program Sejuta Rumah.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Sekarang dalam pros­es persiapan MoU-nya. Mudah-muda­han, kita harapkan awal puasa Bulan Suci Ram­adhan tahun ini bisa kita laksanakan,” kata Direktur Utama BTN, Maryono, usai melakukan MoU dengan ITB, di Kota Bandung, Se­lasa (16/6/2015).

Menurut dia, nantinya Pemerintah Kota Bandung akan menyediakan lahan untuk membangun 14 apar­temen tersebut dan ada se­jumlah pengembang yang akan ikut serta dalam pem­bangunannya.

Baca Juga :  Rekomendasi Membeli Rumah di Lokasi Strategis

“Nanti yang beli bisa kar­yawan, pemda atau siapa pun yang ditunjukkan oleh Pak Wali Kota Bandung aka kita kasih KPR. Sehingga BTN akan membiayai biaya kontruksi dan KPR-nya,” kata dia.

Pihaknya juga akan me­minta bantuan kepada arsitek-arsitek dari Kampus ITB untuk merancang dan membangun apartemen tersebut.

“Banyak sekali SDM-SDM handal yang dihasilkan oleh ITB dan kenapa tidak untuk pembangunan apartemen di Kota Bandung kita akan menggandeng arsitek dari ITB,” kata dia.

Dikatakan dia, BTN hing­ga saat ini terus menggenjot realisasi pembiayaan atau fasilitasi kredit perumahan program Satu Juta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga :  Doorprize Melimpah, Rayakan Tahun Baru di Bigland Hotel Bogor Bernuansa Karnaval Sekaligus Premium Buffet

“Dan hingga saat ini BTN sudah memberikan fasilitas 40.000 rumah terkait pro­gram Satu Juta Rumah terse­but dan yang masih dalam proses ini kurang lebih ada 133.000 unit,” kata dia.

Dikatakan dia, dari 40.000 rumah yang sudah dibiayai tersebut, tercatat bahwa 16 persen diantara­nya menyasar masyarakat miskin, 62 persen kelas menengah dan 25 persen menengah atas yang penye­barannya merata di seluruh Indonesia. kata dia.

(BS)