Untitled-10PT Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung untuk pembangunan 14 apartemen khusus bagi warga kelas menengah sebagai upaya mendukung Program Sejuta Rumah.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Sekarang dalam pros­es persiapan MoU-nya. Mudah-muda­han, kita harapkan awal puasa Bulan Suci Ram­adhan tahun ini bisa kita laksanakan,” kata Direktur Utama BTN, Maryono, usai melakukan MoU dengan ITB, di Kota Bandung, Se­lasa (16/6/2015).

Menurut dia, nantinya Pemerintah Kota Bandung akan menyediakan lahan untuk membangun 14 apar­temen tersebut dan ada se­jumlah pengembang yang akan ikut serta dalam pem­bangunannya.

“Nanti yang beli bisa kar­yawan, pemda atau siapa pun yang ditunjukkan oleh Pak Wali Kota Bandung aka kita kasih KPR. Sehingga BTN akan membiayai biaya kontruksi dan KPR-nya,” kata dia.

Pihaknya juga akan me­minta bantuan kepada arsitek-arsitek dari Kampus ITB untuk merancang dan membangun apartemen tersebut.

“Banyak sekali SDM-SDM handal yang dihasilkan oleh ITB dan kenapa tidak untuk pembangunan apartemen di Kota Bandung kita akan menggandeng arsitek dari ITB,” kata dia.

Dikatakan dia, BTN hing­ga saat ini terus menggenjot realisasi pembiayaan atau fasilitasi kredit perumahan program Satu Juta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Dan hingga saat ini BTN sudah memberikan fasilitas 40.000 rumah terkait pro­gram Satu Juta Rumah terse­but dan yang masih dalam proses ini kurang lebih ada 133.000 unit,” kata dia.

Dikatakan dia, dari 40.000 rumah yang sudah dibiayai tersebut, tercatat bahwa 16 persen diantara­nya menyasar masyarakat miskin, 62 persen kelas menengah dan 25 persen menengah atas yang penye­barannya merata di seluruh Indonesia. kata dia.

(BS)