Untitled-15Inovasi karya kembali dipersembah­kan anak negeri. Kali ini mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mencip­takan produk sajadah dari bahan bulu kelinci. Selama ini sajadah berbahan bulu diproduk dari bulu domba dan kulit sapi. Karya baru mahasiswa IPB ini didisain untuk menyambut pasar bebas.

Oleh : (Yuska Apitya Aji)

INOVASI yang diberi nama Sasuke (sajadah su­jud dari bulu kelinci) ini diakuinya sebagai yang pertama di Indonesia, bahkan di dunia. Adalah Kiki Rizqi Januar, Siti Nurhayati, Yeyen Ariska, Wulandari dan Gede Made Ditha Dwitama yang mempunyai ide untuk menjadikan bulu kelinci yang biasanya tak terpakai menjadi sajadah yang mem­punyai nilai jual.

Kiki mengaku bahwa ide tersebut datang saat mere­ka sedang melakukan kunjungan ke Balai Peternakan Bogor. Ketika itu mereka melihat kulit kelinci yang masih ada bulunya belum dimanfaatkan dan hanya dibiarkan begitu saja. “Setelah kita solat Jumat di masjid, muncul ide untuk membuat produk dari bulu kelinci tersebut,” terang Kiki, Senin (22/6/2015).

BACA JUGA :  Restoran Ramen Populer di Bogor, Hotmen Puaskan Selera dan Perut Para Penggemar

Kiki mengungkapkan jika ia dan kawan-kawannya melihat adanya potensi bulu kelinci dimanfaatkan men­jadi sajadah seperti bulu domba. Ia dan kawan-kawann­ya lalu membuat perencanaan pemanfaatan bulu kelinci itu menjadi sajadah.

Awalnya mereka membuat sajadah bulu kelinci itu berukuran seperti sajadah pada umumnya. Tapi karena kulit kelinci itu kecil dan sangat jelek jika disambung, maka mereka memutuskan untuk membuat sajadah mini yang berukuran 34,5 x 27 cm.

BACA JUGA :  Jadi Ujung Tombak Jaga Lingkungan, Dedie Rachim Ajak RW se-Kota Bogor Gali Potensi Wisata Wilayah

Untuk menjadikan sajadah, kulit kelinci disamak agar bulu kelinci tetap awet. Kulit kelinci yang selesai disamak kemudian dijahit dan diberi beberapa bahan agar menjadi sajadah yang siap pakai.

Kiki mengklaim kalau sajadah buatan timnya ini mer­upakan yang pertama di dunia. “Yang saya tahu peny­amakan kulit kelinci yang pernah ada itu untuk hiasan. Baru-baru ini di Jepang juga ada baju yang terbuat dari bulu kelinci ini, yang sajadah belum ada,” terang Kiki.

Sajadah masih diproduksi secara terbatas ini sudah terjual ke berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Lampung, Surabaya, Batam, dan Makassar. Bah­kan ada juga pesanan yang datang dari New York dan Malaysia.

============================================================
============================================================
============================================================