At-Taufik-ustadzSUASANA penuh keistimewaan dialami oleh keluarga besar SD-SMP At-Taufiq Bogor. Tak hanya karena menyambut keistimewaan bulan Ramadhan, bulan yang penuh rahmat, tapi juga menjadi semakin istimewa atas kedatangan Ustadz Muhammad Arifin Ilham.

Oleh : RIFKY SETIADI
[email protected]

Nilai penuh barokah dan suasana reliji di­hadirkan oleh SD-SMP At-Taufiq Bogor. Sekolah yang berada di Jl Cimanggu Permai I, Tanah Sareal, Bogor ini kem­bali menggelar tradisi khusus dalam rangkaian menyambut bulan Ramadhan. Setelah dilaku­kan Tabligh Akbar menyambut Ramadhan pada Rabu (17/05/2015) lalu di sekolah tersebut, juga berlangsung pawai keliling, pengobatan gratis, buka puasa gratis, i’tikaf, kuliah subuh dan be­dah rumah.

Direktur Bimbingan Mental Islamic Center At-Taufiq, K.H. Drs.Jafar Aziz mengatakan lem­baganya tiap bulanjuga member sedekah bagi 30 anak duafa dan mengratiskan 100 santri. ”Kita terus berusaha untuk berbuat yang ter­baik demi kemajuan lembaga kami, disini kami minta doa dari semua jamaah agar lembaga pendidikan kami semakin maju dan berkah bagi seluruh warga At-Taufiq, masyarakat seki­tar, bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Islamic Centre At Taufiq merupakan se­buah lembaga yang menyelenggarakan pendi­dikan berupa Sekolah Islam Terpadu tingkat kanak-kanak, dasar, dan menengah. Lembaga ini dibangun pada tahun 2001. Islamic Centre At Taufiq berdiri dengan diawali peresmian Masjid At Taufiq dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) At Taufiq pada tahun 2002. Setahun kemudian, pendirian Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) At Taufiq dan Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMPIT) yang menjadikan sekolah ini menjadi salah satu pusat pendidikan islam terpadu di Kota Bogor.

Melalui kegiatan Tabligh Ak­bar yang digelarnya, sekolah ini berharap Ramadhan bisa men­jadi momentum terbaik bagi war­ga sekolah dalam menciptakan generasi rabany dan penuh aki­dah Islam. Seperti ummat Islam lainnya, Ramadhan dimanfaat­kan sebagai momentum sempur­na untuk saling berbagi rejeki, memetik pahala yang berlipat ganda dan ladang amal yang san­gat istimewa. Karenanya, nilai pembelajaran yang ingin digali dari Ramadhan tak ingin disia-siakan.

Mendatangkan Ustadz Mu­hammad Arifin Ilham, Tabligh Akbar juga dihadiri oleh Camat Tanah Sareal , Taufik. “Islam itu indah jika kita semua bersatu. Se­bab itu, semoga acara ini mem­bawa keberkahan,” unghkapnya. Taufik juga menyebutkan, berb­agai program yang menghidup­kan suasana keislaman akan segera dilakukan di wilayahnya. “Salah satu Program Pemerintah untuk menyambut bulan suci ra­madhan adalah Tarling (Teraweh Keliling ),” terangnya.

Dalam paparannya, Ustadz Faisal menyampaikan hikmah puasa ramadhan kembali kepe­nyucian diri, mengekspresikan ketaqwaan ke­pada Allah dan peduli pada sesama. Sedangkan Ustadz Muhammad Arifin Ilham yang terkenal dengan icon dzikirnya menyampaikan tausy­iahnya agar puasa dijadikan sebagai media un­tuk membentuk pribadi yang cantik akhlaknya, “Seorang muslim, setelah digembleng sela­ma satu bulan penuh, agar bulan berikutnya menjelma menjadi hamba yang soleh dan sole­hah,” ungkapnya.

“Puasa akan membakar dosa, kesombon­gan, iri, dengki, sifat kebinatangan dan penya­kit fisik kita. Barang siapa puasa hanya mencari ridho Allah semata, maka semua dosanya akan diampuni. Puasa juga akan membentuk priba­di yang mulia seperti malaikat, karena malai­kat tidak butuh makan, kita pun tidak makan sewaktu puasa,” ujar pimpinan Pesantren Az- Zikra, Sentul, Bogor ini.

Arifin juga mengingatkan agar pada bulan suci dan penuh berkah ini, untuk istiqomah melaksanakan solat tahajud, karena penikmat solat tahajud yang khusu sudah merasakan ke­nikmatan surga, sebelum surga sebenarnya. Melalui nilai-nilai yang ditanamkan itulah, warga sekolah dan masyarakat merasa lebih siap menyambut dan menjalankan Ramad­han, sebagai sebuah kesempatan istimewa membentuk generasi Islami.