rio-haryanto-hungarySPIELBERG, Today - Usai men­galami pengalaman pahit di GP Monaco, kebangkitan performa dirasakan pembalap kebang­gaan Indonesia, Rio Haryanto. Salah satunya adalah dengan finis pertama di GP2 Austria, akhir pekan lalu.

Rio yang membela tim Cam­pos Racing sukses menguman­dangkan lagu Indonesia Raya di sirkuit Red Bull Ring, usai menjadi yang tercepat pada Sprint Race. Dia mengalahkan pimpinan klasemen Stoffel Van­doorne, yang harus puas di po­sisi dua.

Kemenangan tersebut me­ningkatkan kepercayaan diri tinggi bagi Rio untuk menatap serie berikutnya yang berlang­sung di Silverstone, Inggris, 4-5 Juli 2015. Pembalap asal Sura­karta ini juga meyakini faktor memilih ban juga menentukan hasil balapan.

“Silverstone merupakan salah satu trek yang paling sulit. Terutama untuk penggunaan ban,” ucap Rio Haryanto dilan­sir situs resmi GP2series.

“Saya pernah finis di urutan dua tahun lalu pada sprint race, jadi saya optimis untuk balapan nanti. Saya pikir kami punya peluang bagus untuk mencetak beberapa poin,” terangnya.

Saat ini Rio berada di posisi tiga klasemen sementara den­gan mencetak 70 poin, terting­gal sembilan angka dari Alexan­der Rossi dan Vandoorne yang berada di posisi puncak dengan 155 poin.

Seperti diketahui, Pem­balap Tim Campos Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, keluar sebagai pemenang di Sprint Race GP2 Austria yang berlang­sung di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu 21 Juni 2015.

Usai meraih kemenangan, pria kelahiran Surakarta itu langsung membeberkan kunci keberhasilannya menjadi yang tercepat di kasta kedua lomba balap internasional tersebut.

Rio menilai, start yang bagus membuatnya tampil memukau, mengingat ia juga diuntungkan karena memulai balapan dari posisi kedua. Sebe­lumnya, pada sesi Feature Race yang diadakan Sabtu, 20 Juni, pembalap berusia 22 tahun itu hanya sanggup finis di posisi ketujuh.

“Kunci kemenangan kali ini ada pada start saya yang ber­langsung dengan baik. Meski demikian, balapan masih tersisa 28 lap,” jelas Rio di situs resmi pribadinya, Senin (22/6/2015).

Dari klasemen sementara, Rio kini menduduki posisi tiga dengan raihan 70 poin. Ia ter­tinggal 85 angka dari Stoffel Vandoorne yang nyaman di po­sisi puncak.

(Imam/net)