xperia-m4-aqua-black-1240x840-029c1f0260e7e12852c9dd3d2a2cab61Nama Sony belakangan seolah tenggelam di tengah riuhnya kemunculan aneka perangkat baru dari pabrikan saingan. Terlebih setelah muncul isu bahwa bisnis gadget mobile tak lagi menjadi konsentrasi raksasa elektronik asal Jepang itu

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Tapi Sony lalu kembali men­cuat ke permukaan lewat serangkaian produk baru. Salah satunya, Xperia M4 Aqua, smartphone Android baru yang pada bulan Juni 2015 resmi mendarat di Indonesia.

Meski sebenarnya duduk di pa­pan tengah klasemen harga, Xpe­ria M4 Aqua mengusung tampilan yang tak jauh berbeda dari ponsel-ponsel high-end. Seperti apa? Ikuti ulasan singkatnya berikut ini.

Tampang Xperia M4 Aqua seki­las terlihat mirip dengan smart­hone kelas atas Xperia seri Z. Ia memang menganut desain smartphone ala Sony, dengan bentuk yang cenderung “kotak” dan pinggiran mem­bulat. Rancangan “OmbiBalance” ini konon dimaksudkan agar ponsel Xperia tetap ny­aman digenggam dengan cara apapun.

Baca Juga :  Resep Membuat Ayam Cabe Hijau

Di tangan, Xperia M4 Aqua memang terasa solid dan mantap berkat sisi-sisi pinggirnya yang berben­tuk membulat dan memi­liki tekstur kesat sehing­ga tak terasa licin, meski muka dan punggungnya berlapis kaca.

Bagian depan Xperia M4 Aqua yang dimotori chip octa­core 64bit Snapdragon 615 dan RAM 2 GB ini tak memuat tombol fisik apapun karena Sony menem­patkan tombol-tombol navigasi sebagai bagian dari tampilan antar­muka.

Sisi pinggiran Xperia M4 Aqua memiliki tekstur dan warna serupa logam, tapi sebenarnya merupa­kan plastik polikarbonat. Mungkin karena itu pula perangkat ini terasa ringan di tangan meski memiliki la­yar berukuran 5 inci (1280×720).

Sisi kanan Xperia M4 Aqua me­muat tombol pengatur volume dan tombol daya berbentuk bulat khas ponsel Sony. Di sini juga terdapat slot nano-SIM yang tertutup cover khusus berlapis karet.

Embel-embel “Aqua” pad Xpe­ria M4 memang bukan sekedar pajangan karena ponsel yang ber­sangkutan dirancang agar tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68. Artinya, ia mampu bertahan di air dengan kedalaman hingga 1,5 me­ter selama 30 menit.

Baca Juga :  PERBUP BHPRD 2022 BENTUK KOMITMEN PEMKAB BERIKAN HAK DESA SESUAI POTENSINYA

Slot micro-SD card di sisi kiri pun diamankan oleh penutup se­rupa. Lucunya, port micro-USB yang juga terdapat di sini justru dibiarkan terbuka begitu saja tan­pa penutup. Begitu juga dengan port konektor jack audio 3,5 inci di sisi atas.

Sony turut membekali Xperia M4 Aqua dengan tombol khusus kamera. Tombol ini bisa “ditekan setengah” untuk melakukan auto­fokus layaknya di kamera digital, kemudian ditekan penuh untuk mengambil gambar, baik dengan kamera utama yang memiliki reso­lusi 13 megapixel maupun kamera depan 5 megapiksel.

Fitur lain dari Xperia M4 Aqua termasuk konektivitas 4G LTE, baterai 2.400 mAh, dan sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Di Indonesia, perangkat mid-range ini dibanderol seharga Rp 4 juta.