CEO-Mahaka-Hasani-Abdul-GaniJAKARTA, Today – Promotor Mahaka Sports and Entertai­ment akhirnya mengganti nama turnamen Piala Presiden men­jadi Piala Indonesia Satu. Mer­eka pun sudah menyebarkan undangan kepada 18 klub ISL.

CEO Mahaka Hasani Abdul Gani memastikan bahwa tur­namen Piala Presiden berubah nama menjadi Piala Indonesia Satu. Alasannya karena Piala Presiden sudah lebih dulu diklaim oleh tim transisi.

“Ya sudah fix, Piala Indone­sia Satu,” ujar Hasani kepada detiksport, Kamis (25/6).

Hasani mengaku sudah mendapatkan surat dukungan dari BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) untuk menggelar event tersebut.

Meski belum resmi mendapatkan surat rekomen­dasi dari BOPI, Mahaka disebut­nya tengah berusaha memenuhi persyaratan tersebut.

“Syarat surat rekomen­dasi dari BOPI itu kami harus menjelaskan jadwal, pesertan­ya siapa, turnamennya seperti apa dan formatnya bagaimana. Oleh karena itu, kami sudah mengirimkan surat undangan kepada 18 klub ISL untuk men­getahui siapa saja nanti yang ikut,” im­buhnya.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Siapkan Bonus 309 Miliar Bagi Atlet Beprestasi di Asean Para Games 2022

Jawaban dari 18 klub terse­but, lan­jut Hasani p a l i n g lambat di­t u n g g u sampai pekan depan. Dia men­argetkan minimal 12 klub yang bersedia berpartisipasi di tur­namen tersebut.

“Kami berharap 18 klub ISL bisa ikut, tapi minimal 12 klub turnamen baru bisa diputar,” kata dia.

Ketika ditanya apakah ada komunikasi dengan tim tran­sisi? Hasani mengaku tidak perlu, sebab Mahaka bersifat promotor bukan operator.

“Kalau kami ‘kan private. Kami hanya perlu melapor ke BOPI. Dari BOPI surat rekomen­dasi keluar, baru izin kepolisian. ‘Kan begitu, jadi tidak perlu mel­apor ke tim transisi,” tegasnya.

Rencana Mahaka Sports and Entertainment untuk mengge­lar turnamen terus mendapat dukungan baik dari PSSI se­laku induk federasi sepakbola nasional. PSSI pun berencana mempertemukan Mahaka den­gan pihak PT Liga Indonesia.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Siapkan Bonus 309 Miliar Bagi Atlet Beprestasi di Asean Para Games 2022

Sebagaimana diketahui, Mahaka memiliki rencana untuk mengge­lar t u r n a m e n pramusim yang dii­kuti oleh klub-klub I n d o n e ­sia Super League.

Na­mun, turnamen tersebut di­gelar secara independen oleh Mahaka dan PSSI menyarank­an Mahaka untuk bertemu dengan PT Liga selaku opera­tor ISL.

“Soal turnamen memang belum ada perkembangan yang baru. Kami masih menunggu infor­masi selanjutnya, yang terpenting jadwal turnamen itu tidak ber­benturan dengan kompetisi ISL nantinya,” jelas sekretaris jen­deral PSSI, Azwan Karim.

Pihaknya juga sudah meren­canakan perte­muan anta­ra PSSI, Ma­haka dan PT Liga. Kemungkinan pertemuan pekan depan untuk membahas itu semua.

Mahaka pun masih mencari nama untuk turnamen yang awalnya diberi tajuk Piala Pres­iden tersebut. Beberapa klub ISL sudah menyatakan siap berpartisipasi seperti Persipasi Bandung Raya, Persib Band­ung, Barito Putera hingga Per­sija Jakarta.

(Imam/net)