Untitled-7Raut wajah bahagia tam­pak terpancar dari pu­luhan anak yatim piatu dan dhuafa dari warga Babakan Pasar, Bogor Tengah. Tak pernah terbersit dibenak mereka sebelumnya untuk bisa mengin­jakan kakinya di hotel berbintang empat di kawasan Suryakencana itu. Santapan khas hotel pun turut mereka santap, terlebih ia menik­mati aneka makanan dan minu­man itu dalam ballroom mewah.

Hal tersebut terekam dalam kegiatan buka puasa bersama yang digelar The 1O1 Hotel Suryakencana, Kota Bogor, Rabu (24/6/2015). Pada kesempatan tersebut, management hotel pun turut memberikan santunan ke­pada puluhan anak yatim itu.

“Kita harus bersinergi dengan masyarakat. Kami ingin kebersa­maan ini terus terjalin tidak hanya pada Ramadhan saja, tetapi pada bulan-bulan lain juga. Kami ingin keberdadaan hotel ini menjadi ba­gian dari masyarakat sekitar juga karena itu pesan dari owner,” ungkap General Manager The 1O1 Bogor Suryakencana, Adjid Kurni­awansyah.

Ia menambahkan, warga dis­ekitar hotel pun akan menjadi prioritas utama dalam perekru­tan karyawan. “Warga sini akan diutamakan untuk bergabung dengan kami. Makanya, adik-adik yang mau bekerja di perhotelan, sekolahnya harus rajin mulai dari sekarang,” tambahnya, di hada­pan para anak yatim.

Baca Juga :  Harga Mie Instan Bakal Naik 3 Kali Lipat, Ini Kata Mentan

Pacu Okupansi

Adjid juga tak memungkiri jika siklus memasuki minggu pertama bulan Ramadhan sektor perho­telan cendrung menurun tingkat okupansinya. Namun, pihaknya optimistis pada pekan kedua Ra­madhan akan terjadi peningka­tan secara bertahap seiring mulai banyaknya tamu meeting dan mo­men liburan sekolah.

“Minggu pertama ada penu­runan 20-30 persen. Minggu depan kami berharap naik lagi. Dalam momen ini juga kami memberikan special rate Rp585 ribu per malam. Jika dilihat dari produk yang kami suguhkan, harga ini sangat kompetitif untuk kelas bintang empat,” jelas Adjid.

Pada food and beverage, The 1O1 Hotel Suryaken­cana menawarkan promo makan sepuasnya cukup dengan Rp99 ribu. “Ban­yak menu yang disuguhkan Chef Bonar. Rasanya khas. Apalagi Nasi Bakar Teri yang menjadi favorit di sini. Untuk minuman kita tawar­kan healthy juice,” katanya.

Hotel The 101 Bogor Suryakancana memiliki 156 kamar yang terbagi dalam tiga tipe kamar dengan pilihan pemandangan kota dan pegunungan yaitu De­luxe, Deluxe Balcony, dan Suite. Pengunjung dapat menikmati fasilitas hotel yang tersedia adalah 1 ball­room berkapasitas hingga 300 orang, 4 ruang per­temuan dengan kapasitas hingga 100 orang, restoran, spa, kolam renang, dan gym.

Baca Juga :  Harga Mie Instan Bakal Naik 3 Kali Lipat, Ini Kata Mentan

Selain fasilitas-fasitas tersebut, juga terdapat Shuttle Car yang dapat mengantarkan para tamu ke lokasi yang dituju sepu­tar Bogor secara gratis.

Menyempil di antara bangunan-bangunan tua khas Pecinan yang berada di kiri kanan Jalan Suryak­encana, The 101 menjulang setinggi delapan lantai dengan aristektur khas art-deco guna menyesuaikan dengan arsitektur sekelil­ingnya. Mengusung konsep Smart Stylish Experience, hotel ini menawarkan kon­sep penginapan bagi para masyarakat urban yang tetap ingin nyaman, mod­ern, namun tak terting­gal nuansa kolonial dari Suryakencana.

Fasilitas lainnya dari the 101 di setiap kamar adalah LED TV dengan kanal lokal dan internasional, pend­ingin ruangan VRV (Vari­able Refrigerant Volume) yang menjanjikan hemat energi, dan hair dryer di setiap kamar mandi.

(Apri­yadi Hidayat)