Berita-3-(1)JAKARTA, Today – Bank Rakyat Indonesia (BRI) memu­tuskan belum akan menurunk­an bunga kredit dalam waktu dekat. Sebab tingkat bunga kredit BRI saat ini dianggap sudah kompetitif di kalangan industri perbankan.

Menurut Heru Koema­haryo, Direktur Keuangan BRI, pihaknya sudah pernah menurunkan bunga kredit beberapa waktu lalu. “Se­hingga bunga kredit kita su­dah cukup kompetitif. Itulah mengapa kami belum ber­pikir untuk menurunkan lagi bunga kredit,” kata Heru, Rabu (24/6/2015).

Baca Juga :  AKAR Batal Kibarkan Bendera Putih

Berdasarkan data Bank In­donesia (BI) per April 2015, suku bunga dasar kredit (SBDK) BRI untuk kredit mikro di level 19,25 persen, kredit korporasi di level 10,75 persen, dan kredit ritel di level 11,50 persen. Sementara untuk kredit konsumsi berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di lev­el 10,25 persen dan Non KPR di level 12,50 persen.

Baca Juga :  KPK Perintahkan Interpol Lacak Harun Masiku

Selain itu, BRI meyakini apabila penurunan bunga kredit dilakukan, ini tidak akan serta merta mendongkrak per­mintaan kredit yang berujung peningkatan pertumbuhan kredit. Sebab kondisi ekonomi nasional memang sedang lesu dan banyak pelaku usaha lebih memilih menunggu. “Jadi tidak akan signifikan juga mendong­krak pertumbuhan kredit BRI,” pungkas Heru.

(Adil | net)