Wajib Tahu, Ini Dia 5 Penyebab Kentut Bau Busuk, yang Terakhir Sangat Berbahaya

Ilustrasi kentut

BOGOR-TODAY.COM – Setiap orang pasti akan mengalami proses alami yang sudah lumrah, yaitu kentut. Namun, jika kentut mengeluarkan bau tak sedap, bisa menjadi petaka lho.

Kentut bau busuk juga karena ada beberapa penyebab yang berkaitan dengan masalah kesehatan tertentu. Tahukah kamu, bahwa ada seorang wanita asal Colorado, Amerika Serikat, Jelena Tompkins, didiagnosis kanker usus besar setelah sebelumnya sering mengeluarkan kentut beraroma busuk.

Perempuan berusia 34 tahun itu awalnya mengira bahwa bau busuk yang keluar dari kentutnya terjadi akibat konsumsi minuman probiotik. Merasa aneh karena kian lama aroma kentutnya kian busuk. Keanehan ini disusul rasa khawatir saat ia menemukan darah di feses.

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Minta Tingkatkan Program DWP Sampai ke Unit

Tompkins kemudian melakukan pemeriksaan. Setelah melalui serangkaian tes, dokter mendiagnosisnya dengan kanker usus besar stadium tiga. Sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah beningnya.

Penyebab bau kentut busuk

  1. Intoleransi makanan

Intoleransi makanan adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan mencerna makanan atau bahan tertentu dalam makanan.

Contoh umumnya adalah intoleransi gluten (terutama penyakit celiac) dan intoleransi laktosa (ketidakmampuan mencerna produk susu sepenuhnya).

BACA JUGA :  Sandwich Salad Tuna, Menu Sarapan yang Simple Dijamin Keluarga Suka

Selain gejala khas gastrointestinal seperti diare, kembung, dan sakit perut, intoleransi makanan juga bisa menyebabkan gas berbau menumpuk di saluran pencernaan.

  1. Mengonsumsi makanan kandungan gas tinggi

Belerang adalah salah satu sumber bau kentut terbesar. Banyak makanan berserat tinggi mengandung belerang dibandingkan jenis makanan lainnya.

Dengan demikian, pola makan tinggi serat membuat gas jadi relatif lebih berbau.

============================================================
============================================================
============================================================