HL-1---pnm-venture-capital

PT Permodalan Nasional Madani Venture Capital (PNMVC) menargetkan menyalurkan pembiayaan Rp120 miliar sepanjang tahun ini untuk UMKM potensial dan kreatif.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Direktur utama PNMVC, Iwan Ridwan, menje­laskan target ini naik 33 persen dari capaian tahun lalu sebesar Rp90 miliar. Ia menjelaskan hingga April lalu perusahaan telah berhasil men­yalurkan 40 persen dari target yang direncanakan.

“Tahun ini lebih sulit, per­lambatan ekonomi membuat kami semakin hati-hati men­yalurkan pembiayaan,” jelas Iwan seperti dilansir BISNIS.

Baca Juga :  Kerap Disakiti Wanita, Pria Ini Nekat Berpacaran Dengan Boneka Seks

Pada tahun lalu, PNMVC membukukan laba sebesar Rp7,8 miliar atau 36 persen diatas target yang dipasang perusahaan yakni Rp5,7 miliar. Sedangkan aset naik menjadi Rp250 miliar pada akhir tahun lalu. Tahun ini kami targetkan aset naik 15 persen, ujarnya.

Selain itu PNMVC juga memastikan komitmennya dalam lini penyertaaan saham sesuai himbauan Otoritas Jasa Keuangan. Semenjak 2013 pe­rusahaan telah mengucurkan Rp1 miliar-Rp10 miliar kepada enam perusahaan. Dari jumlah ini perusahaan menargetkan memperoleh dividen sebelum akhirnya perusahaan dilepas dengan nilai lebih tinggi.

Baca Juga :  Sentul City Kembangkan Konsep Green Living

Jumlah ini termasuk peny­ertaan satu perusahaan pada tahun ini, kita dorong untuk berkembang . Namanya Mikro Madani Institute di bidang pen­didikan seperti training center dan pemberdayaan usaha mik­ro, kata Iwan.

Dalam penyertaan modal ini perusahaan menggenggam saham hingga 90 persen dan menempatkan direksi untuk mengawal jalannya perusa­haan. Sedangkan selebihnya perusahaan lebih banyak mem­biayai pembiayaan dengan bagi hasil serta obligasi konversi.

(BIS/Apri)