Untitled-8Salah satu masalah yang paling sering ditemui di kota-kota besar di Indo­nesia adalah kemacetan. Karena itu, Google berinisiatif untuk menambahkan fitur untuk memantau kemacetan secara real time melalui Google Maps.

Jika sebelumnya fitur ini hanya dapat diakses di 5 kota di Indone­sia, sekarang, Google telah me­nambahkan 19 kota baru. Kesem­bilan belas kota tersebut adalah Surabaya, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Batam, Pekanbaru, Bogor, Bandar Lam­pung, Padang, Denpasar, Malang, Samarinda, Tasikmalaya, Yogya­karta, Surakarta, Banda Aceh, Pe­kanbaru dan Jambi.

Untuk dapat melihat informasi mengenai kemacetan, pertama-tama, Anda harus mengaktifkan layer “Traffic” pada Google Maps. Cara untuk mengaktifkan layer ini adalah dengan membuka menu yang dilambangkan dengan tiga garis pada pojok kiri atas.

BACA JUGA :  Menu Sederhana di Tanggal Tua, Ini Dia Resep Tumis Taoge Tahu yang Sedap dan Enak

Setelah itu, pilih Traffic dan secara otomatis, peta pada Google Maps akan menjadi ber­warna. Terdapat 3 warna yang menandakan tingkat kemac­etan yang berbeda. Warna hijau melambangkan jalan lancar, war­na oranye melambangkan macet ringat sementara warna merah berarti macet parah.

Selain menunjukkan kepa­datan lalu lintas, Google Maps juga dapat memberi informasi pada Anda mengenai berbagai kejadian yang ada di jalan, sep­erti kecelakaan, perbaikan jalan atau penutupan jalan. Saat di ja­lan yang hendak Anda lalui ter­jadi suatu kecelakaan, misalnya, Google Maps akan memberikan jalur alternatif yang dapat ambil, beserta alasan mengapa sebai­knya Anda menghindari jalan tersebut.

BACA JUGA :  Resep Membuat Martabak Tahu Kulit Lumpia yang Gurih dan Renyah

“Kami terus memperbaiki Google Maps dengan harapan mudah digunakan. Kami ber­harap Google Maps akan dapat membantu para pengendara untuk menghindari macet atau kejadian-kejadian lain yang mungkin menghalangi sehingga dapat mencapai tujuan dengan lebih cepat,” kata Suren Ruhela, Director, Program Management, Google. Google Maps ini juga tersedia dalam versi desktop.

(MTV/Apri)

============================================================
============================================================
============================================================