Untitled-3Sepulang dari berak­tivitas seharian, mem­bayangkan bersantai sembari menjulurkan kaki tentu terasa nik­mat sekali. Apalagi bagi Anda yang baik karena suka atau ter­paksa menggunakan high heels. Selain sekadar berselonjor saja, ada cara asyik lain untuk mem­buat kaki lebih santai. Yakni dengan merendam kaki di air hangat.

“Kaki kita memiliki 72 ribu ujung saraf di telapak kaki yang masing-masing berhubungan dengan area lain di tubuh,” kata ahli refleksologi Jennifer Saras­wati Moulden seperti dikutip dari Livestrong. Seperti prak­tik refleksologi yang menekan ujung-ujung saraf itu, prinsip yang sama juga berlaku pada perendaman kaki dengan air pa­nas. Berikut beberapa keuntun­gan dari kebiasaan merendam kaki dengan air hangat.

Keuntungan pertama ada­lah untuk menguatkan ginjal dan membuat tidur lebih nyen­yak. Merendam kaki sekitar jam 21.00 malam sangat bermanfaat untuk menambah energi pada ginjal. Karena pada jam itulah berdasarkan ilmu pengobatan China, ginjal sedang berada dalam kondisi terlemahnya de­mikian dikutip dari laman china­townsfbay .

Baca Juga :  5 Cara Meredakan Batuk yang Membandel

Dengan merendam kaki, pembuluh darah jadi terbuka dan melancarkan peredarannya. Ini adalah cara dramatis untuk membuat tubuh lebih santai dan mengurangi kelelahan setelah sepanjang hari bekerja.Meren­dam kaki juga bisa memper­baiki kualitas tidur. Pijat dengan ringan kaki sembari mengguna­kan body lotion untuk menda­patkan hasil maksimal.

Jika perendaman di malam hari membuat tidur lebih nyen­yak, perendaman di pagi hari justru bisa membangkitkan en­ergi. Terutama jika karena terla­lu pulasnya tertidur Anda hanya tidur dengan satu posisi tidur yang sama. Perendaman kaki di pagi hari bisa membantu untuk memperbaiki sistem saraf dan melancarkan sistem endokrin. Dalam waktu yang singkat, Anda akan bisa merasakan kesegaran dan siap untuk beraktivitas kem­bali.

Tapi perendaman kaki tak bisa sembarangan dipraktikkan oleh semua orang. Jika Anda adalah pengidap penyakit jan­tung yang parah, seperti angina atau tekanan darah rendah, cara ini mungkin tak baik untuk Anda. Anda bisa pingsan saat kaki Anda dalam rendaman

Baca Juga :  Ini Dia 8 Penyebab Punggung Berjerawat

Perendaman kaki juga tak dianjurkan untuk mereka yang mengidap diabetes. Karena ku­lit mereka bisa cedera atau rasa terbakar oleh garam yang larut dalam air. Juga tak dianjurkan untuk merendam kaki pada saat Ananda teralu lapar atau terlalu kenyang dianjurkan tidak mer­endam kaki.

Saat kaki kelelahan, dingin­kan kaki teman-teman meng­gunakan lidah buaya dengan cara membalurkannya di per­mukaan kaki, jika tidak ada li­dah buaya, teman-teman bisa menggunakan pelembab yang mengandung papermint atau lidah buaya.

Sebagai latihan untuk men­guatkan otot kaki, saat sedang santai injaklah bola tenis pada masing-masing kaki lalu lakukan injakan secara melingkar. Jika pergelangan kaki bengkak atau keseleo maka hindari menggu­nakan sepatu berhak tinggi se­cara berlebihan. Hindari meng­gunakan sepatu, kaos kaki dan stocking yang terlalu pas dengan kaki. Gunakanlah yang sesuai dan biasakan memberikan udara segar pada kaki.

Oleh : RIFKY SETIADI
Email: [email protected] (*)