HL-(1)Kota Bogor dipercaya menjadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda). Berkaca dari moncernya prestasi Kota Bogor di ajang Porda Jabar XII/2014 membawa Kota Bogor banyak dipercaya sebagai tuan rumah kejuaraan.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Kota Bogor didaulat men­jadi tuan rumah pelak­sanaan Pekan Olahraga Wilayah Daerah (Pop­wilda) wilayah I Jawa Barat ( Jabar) pada bulan Agustus 2015 mendatang. Saat ini, Kota Bo­gor tengah berbenah diri mengha­dapi event tersebut.

Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kota Bogor, Adi Novan mengatakan bahwa per­siapan sudah berjalan, salah satu­nya penetapan panitia yang dibagi sesuai tugas pokok dan fungsi (tu­poksi). Bahkan untuk venue send­iri, dapat dipastikan memakai satu komplek gelanggang olahraga.

“Sejauh ini, persiapan terus di­lakukan. Yang menjadi fokus kami terutama mempersiapkan venue untuk pertandingan. Seluruh kom­plek Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran rencananya akan dipakai. Kita mempersiapkan delapan venue pencak silat, sepakbola, tenis meja, tenis lapangan, bola basket, bola voli, dan sepak takraw,” katanya.

Baca Juga :  Percasi Kabupaten Bogor Targetkan 7 Emas Pada Porprov XIV Jabar 2022

“Persiapan kami saat ini sudah memasuki penetapan panitia yang dibagi tiga seperti persipkan tim di provinsi, membentuk panitia tim pelaksana, serta persiapan tim kon­tigen. Sementara persiapan lainnya kami sudah bolak-balik ke provin­si,” lanjutnya.

Ditambahkannya, venue akan dipersiapkan secara bertahap. Ven­ue yang mengalami kerusakan akan dilakukan perbaikan dalam waktu dekat hingga siap 100 persen untuk digunakan. “Di Kota Bogor sendiri ada delapan cabang olahrga yang akan dipertandingkan. Kami juga fokus dalam perbaikan venue,” lan­jutnya.

Wilayah Jabar dibagi menjadi empat wilayah penyelenggaraan Popwilda. Kota Bogor sendiri men­jadi tuan rumah wilayah 1 di ajang Popwilda, untuk wilayah dua di Subang, Cirebon menjadi tuan rumah wilayah tiga, dan Tasik men­jadi tuan rumah wilayah empat. “Saya harap pelaksanaan di Kota Bogor berjalan lancar, dan sukses,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gubernur Jabar Sampaikan Duka Mendalam Tragedi Kanjuruhan

Kota Bogor selepas finis di po­sisi lima dalam ajang Pekan Olah­raga Daerah (Porda) Jabar XII/2014 banyak dilirik untuk dijadikan tuan rumah ajang olahraga. Sehingga menjadi penting untuk menyiap­kan sarana dan prasarana (sarpras) olahraga yang sesuai dengan stan­dar di Kota Hujan.

“Kita bakal sering menjadi tuan rumah. Selain kejuaraan Pop­wilda, Kota Bogor bakal menjadi tuan rumah Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Pembangunan komplek GOR dan Stadion Pajajaran menjadi sport center memang sudah diren­canakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor,” tutupnya. (*)