andormax-r“Persis seperti prediksi kami, usai Lebaran banyak konsumen yang berburu ponsel baru. Rata-rata mereka membeli ponsel yang sudah mendukung teknologi 4G LTE,” Store Manager Z Phone, Mulyadi

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Lebaran telah usai, sesuai dengan prediksi para pedagang menjel­ang Idul Fitri lalu pen­jualan ponsel memang lebih meningkat dibanding hari bi­asanya. Selepas lebaran, kon­sumen yang aktif memburu ponsel baru bahkan masih cukup banyak.

Berbicara tren penjualan ponsel selama masa hari raya, menurut laporan para peda­gang, smartphone kembali menjadi ujung tombak pen­jualan. Selain produk berbasis Android dan iOS, konsumen yang membeli smartphone berteknologi 4G juga terbilang memuaskan.

Menurut Mulyadi dari Z Phone, kebanyakan yang dicari user adalah smartphone di lev­el menengah yang nilai jualnya ada di rentang 1-4 jutaan. “Un­tuk Android, user banyak yang membeli Smartfren Andromax R, Samsung Galaxy E5, Asus Zenfone 2, Lenovo A7000. Se­dangkan untuk produk berba­sis iOS, iPhone 4S serta iPhone 5 menjadi dua perangkat pal­ing diincar,” katanya.

Baca Juga :  Resep Membuat Sup Ayam dengan Pakcoy

Lebih lanjut dikatakan­nya, pada lebaran kali ini ada peningkatan signifikan pada penjualan smartphone berte­knologi 4G. “Mungkin karena operator bertambah gencar memperkenalkan layanan 4G LTE, konsumen menjadi se­makin penasaran. Keadaan tersebut, membuat penjualan smartphone 4G menjadi salah salah satu primadona saat leb­aran lalu,” terangnya.

“Ponsel 4G di kelas menen­gah yang di lego pada kisaran 2-3 juta, tetap menjadi in­caran utama para konsumen. Kurang lebih 20 unit ponsel 4G level menengah, dari berba­gai brand terjual berhasil saya jual. Di luar ponsel 4G tadi, Samsung e5, LG G3 iPhone 4S, serta iPhone 5, penjulannya juga tergolong baik,” urainya.

Baca Juga :  Pemprov Jabar Anggarkan 225 Miliar Untuk BLT BBM

Dari kawasan Roxy mas, seperti dikutip Selular.ID juga mendapat laporan yang kurang lebih sama. Seperti info yang di Ege pemilik TnT Celular, menurutnya pri­madona penjualan ponsel selama musim lebaran, di­dominasi smartphone level menengah dan produk 4G pada kelas yang sama.

“Smartfren Andromax R, Lenovo A7000, Asus Zenfone 2, Xiaomi Redmi 2 dan Mi 4i, Sony Xperia E2 Dual ada­lah deretan produk 4G yang terbilang laris penjualannya ketika lebaran. Sedangkan Samsung Galaxy E5, Galaxy Ace 4, LG Bello, serta iPhone 4 dan 5, penjualannya juga terbilang memuaskan, walau­pun belum berteknologi 4G LTE. Secara kebetulan, produk yang laris tersebut, berada di level menengah dimana nilai jualnya berada pada kisaran 1-3 jutaan,” tutur Ege.