Untitled-3Produsen mobil Daimler asal Jerman, yang men­jadi induk usaha Mer­cedes-Benz, berencana menguji mobil truk yang bisa berjalan otomatis tanpa sopir se­belum tahun 2015 berakhir.

“Kami positif akan mendapat­kan persetujuan untuk tes di jalan raya Jerman dalam beber­apa pekan ke depan. Kemudian kita akan segera mulai,” kata anggota dewan eksekutif Wolf­gang Bernhard, seperti dikutip dari Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung.

Tes pertama mobil pintar ini diharapkan bisa berlangsung di Baden-Wuerttemberg, yang merupakan kampung halaman Daimler. Sedangkan Bernhard berkata produksi awal akan di­lakukan dalam dua sampai tiga tahun lagi.

“Kami ada pemimpin dalam teknologi ini dan akan berdiri untuk diri kita sendiri,” tutur Bernhard. Ia sendiri mengakui bahwa perusahaan teknologi seperti Apple dan Google sedang mencoba memposisikan diri dalam bisnis kendaraan yang bisa berjalan otomatis.

Hal itu terlihat dari gerak Ap­ple yang berani mempekerjakan karyawan dari perusahaan oto­motif. “Itu ada tanda jelas pen­gakuan Apple bahwa bisnis mo­bil begitu penting dan mereka ingin menjadi bagian dari itu,” ucap Bernhard.

Google awal bulan ini mulai menguji mobil yang bisa berja­lan otomatis tanpa sopir di Aus­tin, Texas, guna memperluas uji coba mereka terhadap mobil tanpa setir yang masih berupa purwarupa.

Mobil tersebut dibekali sejum­lah sensor yang bergerak secara 360 derajat mendeteksi objek di sekitarnya, seperti sesama, ma­nusia, sampai marka jalan.

Para pemangku kepentingan memprediksi mobil pintar mulai hadir di pasar pada tahun 2020.

(CNN/Apri)