Foto-HL-MOS-SMAKBOGelaran program MOPDB di SMK-Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor atau SMAKBO berlangsung pada Senin (27/07/2015) hingga Kamis (30/07/2015) mendatang. Kegiatan diisi dengan berbagai pembentukan karakter yang positif sebagai wahana membentuk siswa yang cerdas, bertanggungjawab dan berakhlak. “Inti kegiatan yang ingin kita capai adalah mempererat silaturahmi siswa baru dengan keluarga besar SMAKBO. Selain membangun kebersamaan dan solodaritas mereka yang rata-rata berasal dari berbagai daerah dengan kebiasaan dan kultur tersendiri,” jelas Frederick Geovan L.L.R, Ketua Pelaksana MOPDB SMAKBO 2015 dari Persatuan Pelajar (PP) SMAKBO.

Karena itulah, menurut siswa kelas XII-2 kelahiran Makassar, 12 Februari 1998 itu, para siswa dan siswi baru yang biasa disebut Prasa dan Prasi ini perlu dipersat­ukan dalam berbagai nilai kebersamaan seperti melalui latihan paduan suara lagu wajib MOPDB yaitu “Himne Analis” dan “Mars Analis”. Siswa dilatih dan dibagi dalam kelompok jenis suara bass, alto, sofran dan tenor. Hasil dari latihan paduan suara ini kelak akan ditampilkan di hadapan oranrtuanya sebagai bentuk persembahan dan kebanggaan sebagai warga SMAKBO.

Sebanyak 310 orang siswa baru itu juga dibagi dalam kelompok dan kelas. Mereka juga diperkenalkan dan dipertemukan dengan Walikelas, diajak dalam kegiatan Tour Lab tempat mereka praktek dan belajar, menyaksikan demo ekstrakurikuler, melaku­kan latihan nyanyi gabungan, juga mempertemukan prasa dan prasi dengan orangtua.

Tak hanya itu, prasa dan prasi juga mendapat materi berupa game dan penugas­an yang khas dengan bahasa istilah kimia. Games dan penugasan itu merupakan ben­tuk pembiasaan disiplin dan membangun watak mandiri. “Kami berharap prasa-prasi memiliki akhlak yang mulia, cerdas dan mandiri. Harus mulai disesuaikan bagaimana menghadapi tugas yang banyak. Sehingga sifat mandiri itu perlu. Selain dibutuhkan karakter yang baik karena lulusan dan pelajar SMAKBO juga berhubungan den­gan lingkungan dan masyarakat,” tambah putra dari Aris Pata Limbong dan Lily Totto itu.

Seperti juga diungkapkan oleh Chika Tatzkia, salah satu panitia di Pubdok, MOPDB di SMAKBO pada prinsipnya dilakukan untuk memperke­nalkan dan membiasakan diri dalam iklim belajar di sekolah ini. “Disip­lin, semangat, jujur dan rendah hati adalah nilai-nilai yang berusaha digali melalui program ini. Sehingga dengan sikap seperti itu kita berharap kes­uksesan belajar di SMAKBO bisa tercapai dengan baik,” ujar gadis cantik kelahiran Jakarta, 20 Juli 1999 ini. Putri dari Yoza Yocharyo dan Linda Hi­dayat ini juga menuturkan, saat ini panitia juga berfokus pada nilai ling­kungan seperti pembuatan biopori dan pemanfaatan daur ulang untuk tanda peserta. Kegiatan yang dibentuk dalam acara ini sesuai dengan visi dan misi SMAKBO yang bertekad menjadi sekolah unggulan dan berwawasan lingkungan serta menghasilkan lulusan yang profesional dan bermartabat.

Oleh: RIFKY SETIADI
[email protected]

============================================================
============================================================
============================================================